0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

MIT Kembangkan Chip Supaya AI Lebih Cepat, Tapi Lebih Hemat Energi

Chip jaringan syaraf MIT. (ubergizmo.com )

Timlo.net—Pada 2017, Apple merilis iPhone baru. Mereka juga memperkenalkan chipset A11 Bionic baru. Chipset terbaru iPhone itu memiliki perbaikan dalam hal kinerja. Selain itu juga dilengkapi chip khusus untuk AI (artificial intelligence) atau kecerdasan buatan. Chip AI itu menolong mentenagai dan memproses sistem kamera TrueDepth yang ada di depan iPhone. Sistem itu digunakan untuk mengotentifikasi para penggguna lewat Face ID.

Apple bukanlah satu-satu yang mengembangkan chipset khusus untuk AI. Amazon juga sedang berusaha melakukan hal yang sama. Sekarang Kampus MIT di Amerika Serikat (AS) juga mengembangkan chip serupa. Chip itu dibuat supaya AI bekerja lebih cepat dan efisien dalam penggunaan energi. MIT mengaku jika chip baru itu 3-7 kali lebih cepat dalam hal komputasi jaringan syaraf dibandingkan pendahulunya. Konsumsi listrik chip itu berkurang sekitar 94%, tulis Ubergizmo.

Dengan kemajuan ini, MIT berkata chip itu ideal untuk jaringan syaraf lokal, misalnya smartphone. Bisa juga digunakan untuk perlengkapan rumah tangga cerdas seperti Amazon Echo atau Google Home.

Chip itu dikembangkan oleh Avishek Biswas dari MIT. Rupanya chip itu menarik perhatian IBM. VP IBM Al Dario Gil berkata, “Ini adalah demonstrasi dunia nyata yang menjanjikan dari komputasi analog memori berbasis SRAm untuk aplikasi deep-learning. Hasilnya menunjukkan spesifikasi yang menakjubkan untuk penerapan yang efisien.”

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge