0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Black Panther Tawarkan Dunia yang Berbeda

Black Panther. (AceShowBiz.com)

Sutradara: Ryan Coogler
Tayang: 14 Februari 2018
Genre: Aksi, Fantasi, Fiksi Ilmiah
Durasi: 2 jam 15 menit
Pemeran: Chadwick Boseman, Michael B Jordan, Lupita Nyong’o, Danai Gurira

Sinopsis:

Setelah kematian ayahnya, T’Challa kembali ke negaranya, Wakanda di Afrika untuk naik tahta sebagai raja. Saat seorang musuh yang kuat muncul kembali, posisi T’ Challa sebagai raja dan Black Panther terancam. Konflik itu juga membuat nasib Wakanda dan seluruh dunia dalam bahaya.

Ulasan:

Istilah “whitewashing” merupakan istilah yang populer di dunia barat akhir-akhir ini. “Whitewashing” adalah istilah di mana studio film memilih orang kulit putih untuk memerankan karakter non kulit putih. Kadang-kadang sebuah cerita yang diangkat dalam film diubah sedemikian rupa untuk menonjolkan karakter kulit putih. Padahal bisa jadi cerita aslinya mengisahkan tokoh non kulit putih sebagai tokoh utama.

Tapi hal tersebut tidak akan Anda temui dalam film “Black Panther”. Film ini menceritakan dan menonjolkan Wakanda dan karakter kulit hitam di dalamnya. “Black Panther” bisa dikatakan menawarkan sesuatu yang berbeda dengan film-film Marvel sebelumnya. Kita diajak melihat sebuah bangsa Afrika yang mandiri, kuat dan berteknologi maju. Hanya satu atau dua karakter kulit putih yang terlihat dalam film. Mereka hanya berperan sebagai cameo atau karakter pendukung. Film ini kental dengan budaya Afrika, yang berpadu dengan apik dengan budaya modern.

Tema yang diangkat dalam film juga merupakan sebuah tema yang akrab di dalam hati para kulit hitam di seluruh dunia. Terutama soal perbudakan dan penindasan yang pernah diderita orang-orang kulit hitam beberapa abad yang lalu.

Kita sudah berkenalan dengan sosok T’Challa dalam film “Captain America: Civil War”. Tidak banyak perubahan dalam karakter T’Challa. Kita hanya akan melihat lebih dekat sosok ini. Sementara tokoh penjahat dalam film ini, Erik Killmonger atau N’Jadaka adalah karakter yang paling menarik. Erik sendiri sebenarnya adalah sepupu T’Challa. Dia bisa dikatakan sebagai produk dari kegagalan Raja T’Chaka, ayah T’Challa. Michael B. Jordan memerankan sosok ini dengan baik. Kita melihat sosok yang berbakat dan kuat, yang sebenarnya memiliki sisi baik. Tapi kebaikan di dalam dirinya dirusak oleh rasa marah dan kebencian karena dia merasa dibuang dan dikucilkan oleh orang-orangnya sendiri.

Sepertinya layaknya film-film Marvel lainnya, kita juga disuguhi dengan adegan-adegan humor. Tapi humor dalam film ini juga bisa dikatakan berbeda dengan film sebelumnya. Jangan kuatir tentang adegan aksi, karena dari sejak awal kita akan dimanjakan dengan berbagai adegan aksi.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge