0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Menengok Rotobot, Sekolah Pencipta Robot

()

Klaten — Dilihat dengan mata telanjang, sekilas tempat ini tak tampak seperti bangunan sekolah atau lembaga bimbingan belajar pada umumnya. Lokasinya berada di kompleksnya sebuah cafe di pusat kota Klaten. Namun dari tempat inilah anak- anak belajar membikin robot.

“Kami dari Rotobot Robotics School atau disingkat Rotobot. Pendirian sekolah Rotobot ini untuk memfasilitasi siswa secara praktis dalam pembuatan alat- alat otomasi dan bersinggungan dengan bidang robotika,” ujar Penanggung Jawab Rotobot, Agur Yake Mulia, Rabu (14/2).

Berdiri sejak Juli 2016 lalu, Rotobot menawarkan kurikulum pendidikan berupa pengalaman dan materi pendidikan non formal untuk anak TK sampai jenjang SMA tentang sistem kerja robot hingga pembuatan robot secara nyata. Hal itu dilatarbelakangi kekosongan program inovatif dan menyenangkan yang tersedia di sekolah umum.

“Kebetuan di Klaten sendiri untuk pemrakarsa pendidik otomasi belum ada. Akhirnya kita punya tekad membesarkan Rotobot ini. Karena robot ini kan penting untuk masa depan,” ujar pemuda berusia 22 tahun yang akrab disapa Agur ini.

Dari pantauan, lokasi Rotobot berada di belakang Omah Wedang Rajaku atau Empon- Empon. Menempati dua ruangan mirip kamar kost, dinding bangunan Rotobot didominasi warna kuning. Satu kompleks dengan unit usaha kuliner lainnya beralamat di Jalan Kopral Sayom No 23, Karanganom, Klaten Utara tersebut.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge