0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

DPRD Wonogiri Ngangsu Kawruh ke Sleman

Wakil Ketua DPRD Wonogiri Sunarmin saat menyerahkan kenang-kenagan kepada Wakil Ketua DPRD Sleman Inoki Azmi Purnomo. (foto: Tarmuji)

Sleman — DPRD Wonogiri melakukan studi banding ke Pemkab Sleman, DIY. Kegiatan itu dimaksud sebagai studi komparasi sekaligus menimba ilmu dalam segi tata kelola kehumasan.

“Kenapa kami memilih Kabupaten Sleman? Selain jaraknya yang dekat, di kehumasan DPRD Sleman ini sudah berjalan bertahun-tahun dalam pelibatan mitra media,” ungkap Wakil Ketua DPRD Wonogiri, Sunarmin di sela- sela kunjungan studi banding di DPRD Kabupaten Sleman, Rabu (14/2).

Politisi asal Fraksi PAN ini mengatakan, sinergitas antara DPRD Wonogiri dan media selama ini sudah berjalan baik. Namun demikian, dalam sisi pengganggaran belum terfasilitasi secara maksimal.

Hal demikian menurut dia berdasar pada UU KIP Nomor 14/Tahun 2008 dimana media menjadi bagian Pemkab dan DPRD. Dimana media sebagai corong dalam memberikan informasi keterbukaan publik juga terkait kinerja dan produk dewan.

Ia juga menyebut, bahwa informasi dan aspirasi dari media dapat dijadikan pondasi dalam meramu kebijakan lembaganya.

Hal tersebut erat kaitannya dengan porsi anggaran, dengan pendapatan asli daerah (PAD) Wonogiri jauh di bawah Sleman. Di 2017, realisasi PAD Wonogiri sebesar Rp 235 miliar, dari target Rp 191 miliar. Sementara itu, tahun ini PAD ditargetkan sekitar Rp 215 miliar.

“Yang jelas kami datang ke sini ngangsu kawruh berharap mendapatkan oleh-oleh berupa referensi dan komparasi soal tata kelola hubungan media,” paparnya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sleman Inoki Izma Purnomo dalam sambutannya memaparkan, jika selama ini kehumasan DPRD Sleman sudah terbangun apik dengan media yang jumlahnya sekitar 12 media, baik cetak dan elektronik.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge