0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Kopral Bagyo Serukan Kampanye Tanpa Isu SARA

Aksi Kopral Bagyo (dok.timlo.net/ichsan rosyid)

Solo — Purnawirawan TNI, Kopral Praktika Subagio kembali menggelar aksi mengajak masyarakat tidak mudah terpancing  isu Suku Ras Agama dan Antargolongan (SARA). Digelar di halaman Benteng Vastenburg, di depan pintu masuk Solo Imlek Festival (SIF) 2018, Rabu (14/2).

“Masyarakat antaretnis etnis tidak perlu ada konflik,” kata pensiunan anggota Detasemen Polisi Militer IV/4 Surakarta Kodam Diponegoro itu.

Aksi tersebut digelar mengingat Kota Solo mulai memasuki tahun politik. Adanya Pemilihan Gubernur Jawa Tengah dan Presiden dua tahun berturut-turut berpotensi memicu mencuatnya isu SARA di tengah masyarakat. Hal itu dikhawatirkan dapat menimbulkan perpecahan di tengah masyarakat.

“Makanya calon-calon pemimpin tidak perlu menggunakan isu SARA dalam berkampanye,” kata dia.

Alih-alih menggunakan isu Sara, ia mengimbau agar para politisi mengedepankan adu program dan visi misi. Kompetisi dengan cara tersebut diyakini dapat membangun masyarakat ke arah yang lebih baik.

Acara sendiri berlangsung meriah. Peserta dari Etnis Jawa dan Tionghoa berbaur dalam kegiatan yang diikuti bersama di depan perhelatan SIF 2018. Ketua SIF 2018, Tanu Kirmanto mengapresiasi kegiatan yang diinisiasi oleh Kopral Bagyo tersebut.

“Dari dulu sebenarnya Solo sudah menjadi tempat berkumpulnya lintasetnis. Buktinya ada klenteng, gereja, dan masjid yang jaraknya berdekatan,” katanya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge