0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Inggris Kembangkan AI Untuk Deteksi Video Ekstremis

Ilustrasi kecerdasan buatan. (ubergizmo.com )

Timlo.net—Para kelompok ekstremis sekarang menggunakan teknologi internet dan sosial media untuk menyebarkan pesan mereka. Perusahaan seperti YouTube, Facebook dan Google memperkenalkan berbagai alat untuk melawan hal ini. Rupanya pemerintah Inggris berpikir jika hal ini tidaklah cukup.

Home Office, kementerian Inggris mengembangkan artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan sendiri. AI itu dimaksudkan untuk mendeteksi video-video ekstremis. Rupanya AI yang mereka kembangkan cukup bagus. Tingkat kesuksesannya bisa mencapai 99,99 %.

Cara kerja AI ini berbeda dengan sistem yang dikembangkan perusahaan lain. Kecerdasan buatan milik Home Office mendeteksi konten video saat sedang diunggah. Jadi, teknologi ini bisa mencegah video ekstremis diunggah.

Sementara sistem lainnya biasanya mendeteksi konten video setelah diunggah. Dan biasanya hal itu sudah terlambat karena konten video sudah disalin dan disebar. Home Secretary Amber Rudd berkata pada BBC jika pemerintah tidak menolak kemungkinan memaksa perusahaan teknologi menggunakan AI ini. “Kami tidak menolak kemungkinan mengambil langkah legislatif jika diperlukan, tapi saya tetap yakin jika cara terbaik adalah mengambil tindakan nyata, untuk memiliki hasil terbaik, adalah untuk memiliki forum yang dipimpin industri seperti yang selama ini kami dapat. Hal ini harus dalam hubungan di mana perusahaan besar bekerja dengan perusahaan kecil,” ujarnya.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge