0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

PenyelenggaraanPyeongchang Winter Games Diganggu Virus Komputer

The Pyeongchang Winter Games 2018. (ubergizmo. )

Timlo.net—Komite penyelenggara the Pyeongchang Winter Games di Korea Selatan mengalami serangan siber selama upacara pembukaan minggu lalu. Mereka tidak mengungkapkan secara detil tentang serangan itu. Tapi beberapa perusahaan keamanan siber di Amerika Serikat (AS) melakukan investigasi. Mereka menemukan virus komputer bernama “Olympic Destroyer” digunakan dalam serangan.

Panitia penyelenggara olimpiade itu mengkonfirmasi serangan itu pada Minggu (11/2). Mereka hanya mengungkapkan jika serangan tersebut mempengaruhi layanan internet dan TV. Tapi hal-hal penting lainnya tetap berjalan normal, tulis Ubergizmo, Selasa (13/2). Seorang juru bicara mengungkapkan serangan siber itu berhasil diatasi selama akhir pekan kemarin.

Reuters memberitakan jika beberapa perusahaan keamanan siber di AS menganalisa kode komputer yang digunakan dalam serangan itu. Ketiga perusahaan itu menyatakan jika sebuah virus komputer digunakan. Virus itu dinamai “Olympic Destroyer”. Virus itu melumpuhkan mesin-mesin di sekitar stadion.

Serangan itu dikabarkan melumpuhkan situs resmi olimpiade tersebut. Akibatnya beberapa warga tidak bisa mencetak tiket mereka. Jaringan WiFi yang digunakan para wartawan yang meliput upacara pembukaan juga lumpuh karena serangan. Walaupun target serangan jelas, ketiga perusahaan itu tidak yakin siapa dalang serangan itu. Penyelenggara olimpiade juga tidak mengungkapkan kecurigaan siapa dalang serangan itu.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge