0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Ganjar-Yasin Nomor 1, Sudirman-Ida Nomor 2

Timlo.net – Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Tengah melakukan Rapat Pleno Terbuka Pengundian Nomor Urut Pasangan Calon Gubernur Jatemg 2018 di Ruang Rama Shinta, Hotel Patrajasa Semarang, Selasa (13/2) malam. Para pendukung dari pasangan cagub Ganjar Pranowo-Taj Yasin Maimoen dan pasangan cagub Sudirman Said-Ida Fauziyah terlihat memenuhi berbagai sudut tempat digelarnya rapat pleno pengundian nomor urut kandidat Pilgub Jateng 2018.

Aparat kepolisian dari Polda Jateng dan Polrestabes Semarang tampak mengamankan jalannya prosesi pengundian nomor urut pasangan cagub dengan ketat, bahkan membatasi jumlah pendukung dari masing-masing kandidat yang masuk ke ruangan yakni 100 orang.

Pasangan cagub Sudirman Said-Ida Fauziyah tiba di lokasi pengundian nomor urut pasangan calon, kemudian disusul pasangan Ganjar Pranowo-Taj Yasin Maimoen yang hadir beberapa menit kemudian.

Setelah dilakukan pengundian nomor urut yang dilakukan secara langsung dan terbuka, pasangan cagub Ganjar Pranowo-Taj Yasin Maimoen mendapat nomor urut 1 sebagai kandidat Pilgub Jateng, sedangkan pasangan Sudirman Said-Ida Fauziyah memperoleh nomor urut 2.

Saat menyampaikan sambutan usai pengundian nomor urut, calon wakil gubernur Taj Yasin Maimoen hanya mengucapkan basmalah dan berharap bisa menjadi nomor satu pada kontestasi Pilgub Jateng 2018.

Pasangan Taj Yasin Maimoen, Ganjar Pranowo tidak mengomentari arti nomor urut 1 yang diperolehnya dan justru berharap agar pelaksanaan Pilgub Jateng bisa berjalan dengan aman dan tenteram.

“Kita berempat (dua pasang cagub, red.) beserta pendukungnya yakin akan mampu menciptakan pilkada yang ‘nyenengke’ dan bisa menjadi contoh bagi daerah lain di Indonesia,” katanya.

Sementara itu, cawagub Ida Fauziyah mengaku selalu berharap mendapat nomor urut 2 pada Pilgub Jateng 2018 karena menurutnya nomor 2 menjadi nomor keberuntungan bagi dirinya.

Senada dengan Ida, cagub Sudirman Said mengaku mendapat firasat akan mendapat nomor urut 2 pada pengundian nomor urut pasangan cagub.

“Nomor 2 itu kemanusiaan yang adil dan beradab (sila kedua Pancasila – red) sehingga ini adalah tugas kemanusiaan untuk membuat masyarakat Jateng menjadi lebih adil dan beradab, nomor 2 juga berarti ‘victory’ atau kemenangan,” ujarnya.

Ketua KPU Jateng Joko Purnomo menjelaskan, bahwa setelah pengambilan nomor urut pasangan calon gubernur, maka tahapan Pilgub Jateng 2018 akan memasuki masa kampanye mulai 15 Februari 2018.

“Semua tim kampanye masing-masing pasangan calon dipersilakan mengenalkan dan menggelar sosialiasi dari tingkat provinsi hingga kelurahan,” katanya.

Setelah pengundian nomor urut pasangan cagub selesai, dilanjutkan dengan penandatangan berita acara penetapan pasangan calon gubernur, serta pengucapan ikrar akan melaksanakan Pilgub Jsteng 2018 denga aman dan tenteram.

Pilgub Jateng 2018 secara resmi diikuti pasangan calon gubernur Ganjar Pranowo-Taj Yasin Maimoen yang diusung oleh PDI Perjuangan, PPP, Partai Nasdem, Partai Demokrat, dan Partai Golkar, sedangkan Sudirman Said-Ida Fauziyah diusung Partai Gerindra, PAN, PKS, dan PKB.

Sumber : Antara

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge