0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Peneliti Temukan Kayu Super Untuk Gantikan Baja

Para peneliti pamerkan kayu super. (thesun.co.uk)

Timlo.net—Para peneliti menemukan cara membuat kayu 12 kali lebih kuat. Mereka ingin menggantikan baja dengan bahan alternatif yang lebih murah, lebih ringan dan bisa didaur ulang.

Mereka mengaku jika materi yang keras ini bisa menghentikan peluru. Kayu super ini bisa digunakan pada mobil, pesawat, bangunan dan bahkan rompi anti peluru.

“Ini bisa menjadi sebuah kompetitor untuk baja atau bahkan titanium alloys, kayu ini begitu kuat dan tahan lama. Bahan ini juga bisa dibandingkan dengan serat karbon, tapi jauh lebih murah,” kata pemimpin penelitian Liangbing Hu.

Liangbing dan timnya dari University of Maryland, Amerika Serikat (AS) sepertinya bersenang-senang saat menguji kayu ciptaan mereka itu.

Dalam salah satu percobaan, mereka menguji kayu itu dengan menembakkan proyektil serupa peluru. Hasilnya disandingkan dengan kayu biasa. Proyektil itu bisa menembus kayu biasa. Tapi proyektil itu hanya bisa menembus setengah bagian kayu super, tulis The Sun.

Penemuan para peneliti ini bisa mengubah segala jenis kayu (termasuk kayu lunak) menjadi lebih padat. Caranya dengan dua tahap sederhana. Diawali dengan merebus kayu di dalam larutan sodium hidroksida dan sodium sulfat. Keduanya adalah zat kimia yang digunakan untuk menciptakan bubur kayu, bahan utama kertas.

Keduanya digunakan untuk menghilangan beberapa elemen yang membuat dinding sel kayu keras. Tapi struktur keseluruhan kayu tetap utuh.

Langkah kedua adalah menekan kayu yang sudah direbus hingga dinding selnya runtuh. Sembari ditekan, kayu itu pelan-pelan dipanaskan.

Tekanan itu memulai ikatan kimia antara berbagai jenis atom yang menyusun struktur sel kayu. Hasilnya adalah kayu itu menjadi lebih kuat.

Para peneliti berkata dua langkah ini bisa diterapkan pada banyak kayu sekaligus. Kayu juga bisa dibengkokkan dan dibentuk sesuai keinginan.

Berbagai penelitian sudah dilakukan untuk meningkatkan kekuatan kayu. Jadi tidaklah mengherankan jika terobosan baru ini menghebohkan para peneliti.

Kayu tentunya lebih murah dibandingkan baja dan logam lainnya. Selain itu jumlahnya lebih banyak karena bisa ditumbuhkan atau ditanam. Penemuan ini bisa menguntungkan masyarakat di masa mendatang. Kelak furnitur yang biasanya terbuat dari logam bisa digantikan dengan kayu super. Bahkan mobil di masa mendatang bisa dijual lebih murah saat bagian kendaraan dari baja dan titanium alloy diganti dengan kayu super.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge