0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Swasembada Buah, Matesih Budidayakan Jeruk Bali

Bupati Juliyatmono menyerahkan bibit pohon Jeruk Bali (dok.timlo.net/raymond)

Karanganyar — Kecamatan Matesih melengkapi sentra buahnya dengan penanaman Jeruk Bali. Dalam tahap awal, Pemkab Karanganyar menghibahkan 300 bibit tanaman tersebut.

“Seiring berkembangnya waktu, Jeruk Bali pudar. Namun kini akan dilahirkan lagi. Semoga menjadi jujukan desa buah yang menyediakan produk yang komplit,” kata Bupati Karanganyar Juliyatmono kepada warga Desa Ngadiluwih, Matesih dalam pencanangan sentra Jeruk Bali, Senin (12/2).

Menurutnya. sekarang ini tidak banyak tumbuh pohon Jeruk Bali di Ngadiluwih. Padahal buah berkandungan air melimpah itu potensial dijadikan komoditas. Seperti diketahui, budidaya buah di Matesih diakui kualitasnya dengan varietas duku, mangga, durian, manggis, pepaya dan jambu biji.

“Seiring berkembangnya waktu, jeruk bali pudar. Namun kini akan dilahirkan lagi. Semoga menjadi jujukan desa buah yang menyediakan produk yang komplit,” katanya.

Pemerintah Desa Ngadiluwih diminta mendata warganya yang bersedia membudidaya di pekarangannya. Bupati hanya berpesan jangan menanamnya di area embung.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge