0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Apple Kalahkan Asus, Jadi Produsen Laptop Ke-4 Terbesar di Dunia

MacBook Air. (9to5Mac.com)

Timlo.net—Laptop yang dijual Apple memiliki sistem operasi sendiri. Hal ini mungkin dianggap tidak menarik untuk beberapa orang. Terutama mereka yang menggunakan sistem operasi Windows. Oleh karena itu, pangsa pasar komputer buatan Apple lebih kecil dibandingkan produsen yang lain.

Tapi menurut laporan TrendForce, terjadi perubahan pada pasar laptop dunia tahun lalu. Apple sepertinya berhasil merebut posisi Asus di pasar laptop. Perusahaan itu berhasil menduduki posisi keempat brand laptop terbesar di dunia. Perubahan ini hanya terjadi pada dua perusahaan itu.

Pada 2016, Asus berada di posisi keempat dan memiliki 10,3 persen pangsa pasar. Apple saat itu memiliki 8,3% pangsa pasar. Pada 2017, pangsa pasar Asus turun menjadi 9,5 persen. Sementara pangsa pasar Apple naik menjadi 9,6%. TrendForce memprediksikan jika Apple akan terus mengalami kenaikan pangsa pasar, tulis Ubergizmo. Pada 2018, pangsa pasar Apple bisa mencapai 10,4%. Sedangkan Asus diprediksi meraih 9,8 % pangsa pasar.

Walaupun demikian, masih perlu waktu lama untuk Apple bila ingin mengalahkan kompetitor lain. Misalnya HP dan Lenovo masing-masing menguasai lebih dari 20 persen pangsa pasar. Mungkin Apple bisa mengejar Dell yang menguasai 15% pangsa pasar.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge