0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Robot Kecil Digunakan Untuk Bunuh Tumor Pada Tikus

Ilustrasi peneliti. (ubergizmo.com )

Timlo.net—Perawatan kanker konvesional seperti kemoterapi dan radiasi memiliki kelemahan. Perawatan konvensional itu bukanlah perawatan tertarget. Artinya seluruh tubuh pasien terkena zat kimia yang dimaksudkan untuk membunuh sel-sel tumor. Akibatnya sel-sel tubuh yang sehat juga terkena dampaknya. Oleh karena itu, efek samping kemoterapi dan radiasi buruk.

Para peneliti sendiri berusaha menemukan cara baru untuk menangani tumor dan kanker. Salah satunya adalah dengan menggunakan nanobot atau robot yang sangat kecil. Para peneliti dari University of Chinese Academy of Sciences, Beijing, Cina menciptakan robot ini. Nanobot ini diciptakan menggunakan DNA dari sebuah virus, tulis Ubergizmo. Robot itu diberi enzim yang disebut thrombin. Setelah itu, para peneliti menempelkan DNA yang didesain untuk mengikat molekul tertentu yang ditemukan pada sel tumor. DNA itu akan memandu gerak nanobot.

Begitu menemukan sel tumor, robot kecil itu akan menempel pada sel itu. Enzim thrombin di dalam robot akan masuk ke dalam sel tumor dan menghalangan aliran darah dalam tumor. Dengan demikian, sel tumor akan kelaparan dan mati. Para peneliti mencoba menggunakan robot itu pada tikus yang diinfeksi dengan sel kanker payudara. Hasil tes menunjukkan cara ini memperpanjang hidup tikus. Bahkan pertumbuhan sel tumor diperlambat.

Robot ini juga bisa digunakan untuk metanoma. Robot itu menghalangi penyebaran penyakit ke bagian tubuh lainnya seperti hati. Pada tahap ini, perawatan nanobot ini baru dalam tahap uji coba. “Penelitian kami menunjukkan pembawa nano berbasis DNA yang terlihat menjadi sebuah terapi kanker yang efektif dan aman. Kami saat ini bekerja dengan firma bioteknologi untuk menerjemahkan teknologi revolusioner itu menjadi terapi anti tumor yang bekerja,” ujar Guanjun Nie, salah satu peneliti dalam proyek ini.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge