0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

RSUD Semanggi Gusur Instalasi Limbah PDAM

Solo — Instalasi Pengolahan Lumpur Limbah (IPLL) di Semanggi yang dikelola Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Solo tergusur pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Semanggi. IPLL tersebut rencananya dipindahkan ke lokasi baru tak jauh dari lokasi semula.

“Awalnya mereka menolak. Tapi sekarang sudah selesai,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo, Siti Wahyuningsih, Senin (12/2).

Merujuk Detailed Engineering Design (DED) RSUD Semanggi, IPAL rumah sakit direncanakan berada di lahan seluas 400 meter persegi di sebelah Utara bangunan utama. Saat ini, lahan tersebut digunakan PDAM untuk mengolah limbah lumpur dari kawasan Solo sebelum dibuang ke Sungai Bengawan Solo. PDAM sempat menolak menyerahkan lahan tersebut untuk RUSD.

“Setelah ditawari lahan pengganti akhirnya mereka mau,” kata dia.

Walikota Solo, FX Hadi Rudaytmo mengatakan Pemkot menawarkan lahan 700 meter persegi. Lebih luas dari lahan yang saat ini ditempati IPLL PDAM. Lokasinya pun tak jauh dari tempat IPLL saat ini beroperasi.

“Mereka untung. Lha wong kita kasih lahan yang lebih luas,” kata Rudy.

Pembangunan RSUD Semanggi sendiri sudah dimulai akhi 2017 lalu. Menurut rencana, pembangunan rumah sakit berkapasitas 200 kamar itu berlangsung 18 bulan terhitung dari terbitnya Surat Perintah Kerja (SPK) Desember lalu. Namun Rudy berharap rumah sakit kedua yang dimiliki Pemkot itu rampung dibangun tahun ini.

“Mudah-mudahan tidak sampai 2019 sudah bisa selesai,” kata dia.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge