0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Warga Boro Bikin Pilkada Gagal Target

Ketua KPU Wonogiri, Mat Nawir (timlo.net/tarmuji)

Wonogiri – Warga boro yang diperkirakan mencapai ratusan ribu orang diklaim berdampak pada partisipasi pemilih dalam helatan Pilkada di Wonogiri. Bahkan, saat Pilkada 2015 silam, banyaknya warga yang enggan pulang kampung, mengakibatkan tingkat partisipasi gagal target.

“Ada sekitar 200 ribu orang yang boro, ya kalau dipersentase sekitar 25 persen,” ungkap Ketua KPUD Wonogiri, Mat Nawir, Senin (12/2).

Menurut dia, pada Pilkada 2015 silam, tingkat partisipasi pemilih tercatat 66 persen atau kurang sembilan persen dari target 75 persen. Namun demikian, tingkat partisipasi pemilih pada Pilkada tersebut justru dianggap mengalami kenaikan dibandingkan dalam helatan Pilkada sebelumnya.

” Pengaruh lain saya rasa sangat kecil, seperti sosok atau figur kandidat,” kata dia.

Mat Nawir menyatakan, Pilgub tahun ini secara nasional menargetkan angka partisipasi pemilih sebesar 77 persen. Oleh sebab itu, untuk mensukseskan target itu, pihaknya melakukan koordinasi dengan semua lini, termasuk dengan Pemkab Wonogiri.

“Maka koordinasi dengan Pemkab Wonogiri kita tingkatkan. Karena sesuai visi misi Bupati saat Pilkada 2015 silam, beliau ingin Wonogiri ini menjadi Wonogiri yang berdemokrasi,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge