0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Disdik: USBN SMP 2018 Terdapat Soal Essay

Kepala Bidang SMP Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Surakarta, Bambang Wahyono (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo — Pada tahun 2018 ini, jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) tidak hanya melaksanakan Ujian Nasional (UN). Tetapi juga menjalani Ujian Sekolah Berstandar nasional (USBN).

“Pelaksanaannya sama seperti Unas, hanya berbeda mata pelajaran (Mapel) yang diujikan. Nantinya, dalam naskah soal USBN terdapat soal essay,” ungkap Kepala Bidang SMP Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Surakarta, Bambang Wahyono kepada wartawan, di Kantor Disdik Kota Surakarta, Senin (12/2).

Bambang mengemukakan, pihaknya akan bentuk tim korektor internal wilayah kabupaten dan kota. Karena itu sifatnya manual. “Sampai saat ini kami masih menunggu kepastian sosialisasi dari pusat. Belum ada undangan resmi, namun di website dan email kami menerima panduan-panduannya. Dan selalu kami sebarkan ke sekolah untuk dipelajari,” jelasnya.

Menurut Bambang, USBN tercatat ada empat Mapel diujikan secara nasional ditambah Mapel lainnya. Namun pihaknya belum mengetahui pasti komposisi dan persentase materi soal dalam pelaksanaan USBN tahun ini. “USBN ada panduannya dari pusat. Mulai dari kisi-kisi, batas-batas, mekanisme, waktu, dan sebagainya semua ada,” jelasnya.

Bambang mengatakan, pelaksanaan Unas berlangsung pada 23-26 April 2018 mendatang. SMP di Kota Surakarta seluruhnya akan menggunakan sistem Computer Based Test (CBT). Sistem ini lebih mudah karena tidak perlu ada pengawalan naskah.

“Ini akan kami atur karena ada beberapa sekolah yang belum mampu dalam sarana. Sekolah tersebut akan dipindahkan ke sekolah yang sudah mencukupi sarananya,” jelasnya.

Saat ini, menurut Bambang, pihaknya sedang dalam tahapan memastikan Daftar Nominasi Tetap (DNT) peserta Unas SMP. Kemudian Disdik baru akan mencetak Kartu Peserta Ujian Nasional (KPUN) jika proses verifikasi DNT sudah selesai.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge