0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Sampah Tutup Satu Kilometer Jalan Kampung

Jalan penghubung antardesa tertimbun sampah akibat pengelolaan limbah buruk perumahan di Jaten (timlo.net/raymond)

Karanganyar — Tumpukan sampah terlihat di sepanjang ┬ásatu kilometer jalan kampung penghubung Desa Sawahan-Desa Jaten di Kecamatan Jaten. Sampah tersebut akumulasi problem limbah rumah tangga masyarakat urban di Jaten.

“Kondisi semacam ini tidak langsung. Awalnya ada TPS (tempat pembuangan sementara) sampah di tengah. Harusnya numpuk ke atas. Tapi lama kelamaan meluber. Parahnya lagi, pemungut sampah upahan membuangnya di sepanjang jalan kampung itu. Sampai sekarang, panjangnya sampai sekilo. Jalan cor semen tertutup semuanya oleh sampah,” kata warga Rt 04/Rw XVII Perumahan Veteran, Desa/Kecamatan Jaten, Reni Fadlin kepada Timlo.net, Minggu (11/2).

Pantauan di lokasi, ujung jalan kampung penghubung antardesa itu diportal bilah bambu. Terpasang pula MMT tertulis larangan membuang sampah sembarangan. Ibu rumah tangga ini mengatakan sampah tersebar di jalan tersebut akibat tindakan tak benar yang dilakukan secara masif. Selain pemungut sampah upahan membuang di sana, petugas Dinas Lingkungan Hidup (DLH) malas mengambilnya. Dia menyebut, truk mengambilnya hanya sebulan sekali. Itu pun hanya di ujung jalan. Sedangkan sampah yang menggunung di tengah jalan dibiarkan saja.

“Berulang kali masalah sampah ini dirembuk forum Rt dan Rw. Namun tak berhasil bersolusi. Termasuk kerja bakti membersihkannya yang sekadar wacana,” katanya.

Lantara kesalnya, sejumlah warga kampung tersebut mengunggah gambar timbunan sampah ke media sosial sampai mengundang berbagai respons.

 

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge