0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Takut Longsor, Sejumlah Keluarga di Temboro Mengungsi

Akibat diguyur hujan, pondasi rumah warga Desa Kudi, Batuwarno ambrol (dok.timlo.net/ist)

Wonogiri — Bencana alam yang berpotensi menimbulkan tanah longsor di Dusun Belang, Desa Temboro Kecamatan Karangtengah, Wonogiri, Rabu (7/2), membuat sejumlah keluarga kini mengungsi ke tempat yang lebih aman. Upaya pemulihan paska bencana pun telah dilakukan dan hingga saat ini lokasi tersebut masih dalam pemantauan.

“Mereka sudah mengungsi ke tempat sanak famili mereka yang kondisinya lebih aman,” papar Kepala Pelaksana Harian BPBD Wonogiri Bambang Haryanto, Kamis (8/2).

Disampaikan, kerusakan akibat rekahan tanah tersebut menimpa tiga rumah warga setempat yakni milik Suryanto,Suparno,dan Warsono.Kerusakan terjadi rata rata pada tembok dinding dan lantai dalam rumah.Serta sejumlah jalan dusun mengalami penurunan tanah sekitar 175 centimeter. Rekahan tanah juga mengancam tiga rumah warga, bahkan jika hujan dengan intensitas sedang dan berkelanjutan maka dikhawatirkan akan terdampak rehakan tanah yang berpotensi pergerakan tanah atau longsor.

Sementara itu, menurut Bambang Haryanto, di Desa Kudi, Kecamatan Batuwarno, intensitas hujan sedang menyebabkan rusaknya pondasi rumah milik Lagino (65). Dinding rumah bagian dapur beserta pondasinya ambrol.

“Tidak ada korban jiwa maupun luka dalam kejadian tersebut, kerugian sekitar Rp 7,5 juta. Pemulihan kembali dampak dilaksanakan hari ini secara bersama  sama BPBD, personil TNI/Polri, aparat kecamatan dan desa serta Relawan FPRB sedangkan distribusi logistik bagi korban terdampak dan kegiatan pemulihan sudah dilaksanakan,” tandasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge