0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Pengajuan Perijinan Hanya untuk Warga Taat Pajak

Sosialisasi KSWP di Pemkot Solo (timlo.net/setyo pujis)

Solo — Pemerintah Kota Solo akan menerapkan Keterangan Status Wajib Pajak (KSWP) bagi setiap warga yang ingin melakukan pengurusan perijinan. Dengan diterapkannya kebijakan itu, para pemohon perijinan diwajibkan untuk dapat memenuhi status kewajiban pajaknya sebelum dapat melanjutkan proses permohonan perijinan yang dilakukan.

“Aturan ini tujuannya untuk dapat mendongkrak tingkat kepatuhan dari para wajib pajak. Karena nanti setiap pengajuan perijinan akan ditanya dan dilihat status pajaknya, ” ujar Wakil Walikota Solo, Achmad Purnomo kepada wartawan, Selasa (6/2).

Melalui kebijakan ini, menurutnya bisa mengetahui warga atau wajib pajak yang selama ini belum memenuhi kewajiban dalam pajaknya. Dan bagi mereka yang selama ini tidak tertib melaporkan SPT atau belum memiliki NPWP, diminta untuk segera mengurusnya terlebih dahulu di kantor pajak setempat.

“Kalau tidak dilakukan, permohonan perijinan tidak bisa dilanjutkan. Karena sebenarnya soal pajak ini sudah ada ketentuannya. Dan bahkan kalau masih dibawah PTKP juga akan nihil laporannya. Jadi mestinya tidak ada persoalan kalau warga yang bersangkutan tertib, ” jelas dia.

Sementara itu, Kepala KPP Pratama Solo, Eko Budi Setyono menyampaikan, ketentuan KSWP itu hanya untuk mengkonfirmasi status pajak yang bersangkutan. Apakah dinyatakan valid atau tidak. Kalau dinyatakan tidak valid wajib pajak yang bersangkutan diminta untuk dapat mengurusnya terlebih dulu.

“Untuk melihat status wajib pajak yang bersangkutan, petugas bagian perijinan bisa dengan mudah mengkrosceknya di web,” terangnya.

Tidak hanya soal NPWP, dalam ketentuan KSWP itu setiap wajib pajak juga harus melaporkan SPT nya selama dua tahun terakhir. Setelah proses itu dipenuhi, proses permohonan perijinan di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) baru bisa dilanjutkan ke tahap selanjutnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge