0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Red Dog, Kisah Unik Anjing Petualang yang Jadi Legenda Australia

Film Red Dog. (weeekendnotes.com )

Timlo.net—Di berbagai belahan dunia, anjing dikenal sebagai sahabat baik manusia. Binatang itu dikenal untuk kesetiaan mereka terhadap tuan mereka. Juga dikenal untuk kecerdasan mereka. Beberapa anjing bahkan menjadi legenda yang kisahnya dikenal dunia. Misalnya Hachikō, anjing di Jepang yang kesetiaannya menjadi legenda.

Australia juga tidak kalah dengan Jepang. Mereka juga punya seekor anjing yang kisahnya menjadi legenda. Anjing itu dinamai Red Dog. Anjing ini tinggal di wilayah Pilbara, bagian barat Australia. Anjing berbulu merah itu menjadi sosok binatang yang dicintai masyarakat Pilbara.

Saking cintanya, kisah Red Dog bahkan diangkat ke dalam layar lebar. Film itu tayang pada awal Agustus 2011 dan diangkat dari novelis Inggris Louis de Bernières. Film itu merupakan film komedi drama yang lucu dan mengharukan. Tidak heran film tersebut berhasil menyabet belasan nominasi penghargaan film.

Red Dog adalah anjing kelpie merah yang lahir di kota tambang Paraburdoo pada 1971, tulis tripsavvy.com. Si anjing kelpie merah itu suka mencegat mobil-mobil yang melintas di jalan. Caranya adalah dengan duduk di tengah jalur yang diambil mobil-mobil itu hingga mereka berhenti. Dia lalu akan melompat masuk ke mobil dan ikut ke manapun sopir mobil pergi. Tidak hanya mobil, Red Dog juga akan naik bus dan truk. Pernah suatu kali, seorang sopir bus baru berusaha mengusir Red Dog keluar dari bus. Tapi para penumpang lain protes.

Saking populernya Red Dog di kalangan warga kota Pilbara, dia diangkat sebagai anggota the Transport Workers Union, anggota resmi the Dampier Salt Sports dan Social Club. Sebagai anggota the Transport Workers Union, Red juga dibayar penuh. Dia bahkan punya rekening bank sendiri.

Kegemaran Red berpetualang membawanya hingga jauh ke selatan, ke ibukota Australia Barat, Perth, ke Pilbara, kota pinggir pantai Dampier, Port Hedland dan Broome. Dia dikenal masyarakat di sana sebagai the Pilbara Wanderer atau Petualang Pilbara.

Patung Red Dog (tripsavvy.com).

Untuk mengenang anjing petualang itu, warga kota Dampier membuat patung Red Dog. Patung itu akan terlihat bila orang akan memasuki kota itu. Gara-gara patung itulah Louis tertarik menulis novel yang mengangkat kisah si anjing merah itu. Louis dikenal lewat novelnya “Corelli’s Mandolin”. Louis berkata jika cerita pada novelnya bersumber dari dua orang Nancy Gillespie dan Beverley Duckett. Selain itu, dia mengumpulkan kliping berita di Dampier dan perpustakaan lokal Karratha. Sementara itu sebagian besar tokoh dalam novel dan film adalah tokoh fiksi. Dalam film, Red Dog diperankan oleh Koko, si kelpie merah. Koko dikatakan sangatlah mirip dengan Red Dog. Red sendiri mati pada 1979. Dalam patung Red Dog di Kota Dampier tertuliskan:

RED DOG

The Pilbara Wanderer

Meninggal pada 21 November 1979

Didirikan oleh Banyak Temannya yang Dia Kenal Selama Perjalanannya

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge