0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Diperlukan Perbaikan Rumah Mulyadi-Repyoh

Mbah Repyoh menerima bantuan sosial dari Polres Karanganyar dan PSC (timlo.net/raymond)

Karanganyar — Tim Dokkes Polres Karanganyar menyarankan penataan lebih baik rumah pasangan lanjut usia asal Karangpandan, Mulyadi-Repyoh. Bangunan tak layak huni itu tanpa sirkulasi udara maupun sinar memadai. Jika dibiarkan, manula yang tinggal di dalamnya bakal makin sakit.

“Mbah kakung (Mulyadi) normal, 100/70. Sedangkan tekanan darah mbah putri (Repyoh) juga normal, 120/80. Disarankan agar membuka jendela dan dibuatkan ventilasi,” kata Paurkes Polres Karanganyar Ipda Sukarno kepada Timlo.net di lokasi, Rabu (31/1).

Di dalamnya terasa lembab dan pengap. Rumah itu nyaris tak terlihat karena tertutup pohon bambu dan dinaungi pepohonan rindang. Sinar matahari terhalang dedaunan rindang di atasnya.

“Tadi diberi vitamin buat keduanya,” katanya.

Selama puluhan tahun, mereka jyga tidak menerapkan sanitasi sehat. Mereka mengandalkan air bersih dari lokasi cukup sulit dicapai. Adapun bantuan penyaluran air bersih di halaman rumahnya diyakini sangat membantu. Kemudian, Relawan Karangpandan (Rendan) membuatkan jalan plester semen dari halaman ke pintu dan di lantai dalam rumah. Sebelumnya, lantai berupa tanah yang dipadatkan.

Ketua Rt 03/Rw XI Desa Tohkuning, Karangpandan, Suharno mengatakan pasangan lanjut usia itu tinggal magersari. Tanah yang mereka tempati sudah dijual setahun lalu.

“Duitnya baru dibayar Rp 5 Juta dari total Rp 25 Juta. Uang itu kemungkinan sudah habis karena buat keperluan sehari-hari,” katanya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge