0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Tahun Ini, Damkar Solo Tambah Relawan Kebakaran Dua Kali Lipat

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kota Solo Gatot Sutanto mengecek kondisi mobil pmadam kebakaran (timlo.net/achmad khalik)

Solo – Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Solo bakal meningkatkan personel relawan yang tergabung saat ini untuk menanggulangi bahaya kebakaran. Keseluruhan personel relawan Damkar saat ini mencapai 750 personel bakal ditingkatkan menjadi dua kali lipat.

“Kalau idealnya relawan pemadam kebakaran mencapai 1.500 relawan. Ini akan kita realisasikan di 2018 ini,” terang Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kota Solo Gatot Sutanto, Rabu (31/1) siang.

Relawan pemadam kebakaran yang dimiliki oleh Damkar Kota Solo tersebar di lima kecamatan hingga ke pelosok kampong. Untuk mengkoordinir relawan tersebut, pihak Damkar telah membuat grup-grup khusus melalui aplikasi pesan Whatsapp hingga media social (Medsos) yang lain.

“Kita selalu berkoordinasi dengan para relawan ini melalui grup-grup yang telah dibuat oleh masing-masing kelompok relawan di tiap kelurahan,” kata Gatot.

Terkait peran para relawan, Gatot mengaku inti utama keberadaan mereka adalah sebagai pemberi informasi terkait kejadian awal bencana kebakaran. Jika informasi tersebut cepat tersampai, maka respon dari Damkar juga cepat dalam menangani kebakaran. Dengan begitu, api dapat segera dipadamkan sebelum merembet ke kawasan yang lain.

“Intinya pada informasi awal. Jika sampai terlambat, tentu bencana kebakaran dapat membahayakan yang ada didekatnya. Tapi, apabila cepat diketahui tentunya cepat juga ditanggulangi,” jelas Gatot.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge