0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Presiden Afghanistan Anugerahkan Medal of Ghazi Amanullah kepada Jokowi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan pertemuan dengan Presiden Afghanistan, Ashraf Ghan (merdeka.com)

Timlo.net – Presiden Afghanistan Ashraf Ghani menyerahkan penghargaan ‘Medal of Ghazi Amanullah’ kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi), Senin (29/1). Medali tertinggi dari presiden Afghanistan tersebut diberikan saat Jokowi melakukan lawatan ke negara itu.

Sekretaris Kabinet Pramono menceritakan, Ashraf Ghani menyerahkan medali tertinggi kepada Jokowi sesaat sebelum makan siang bersama.

“Medali ini kenapa diberikan kepada presiden? Karena presiden dianggap sebagai presiden yang mempunyai keberanian untuk menjadi inisiator proses perdamaian di Afghanistan,” ungkap Pramono di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (31/1).

Dia mengungkapkan, sudah lama sekali Afghanistan tidak dikunjungi kepala negara di dunia. Jokowi sendiri adalah presiden ke dua setelah Soekarno yang melawat ke negara yang memiliki penduduk sekitar 32 juta jiwa itu. Soekarno mengunjungi Afghanistan pada Mei 1961.

“Jadi sudah begitu lama tidak ada presiden yang berkunjung ke Afghanistan,” ujar dia.

Setelah selesai makan siang bersama, Jokowi dan rombongan menuju Bandar Udara Internasional Hamid Karzai, Kabul untuk kembali ke Tanah Air. Sebelum ke Afghanistan, Jokowi juga melawat ke Sri Langka, Bangladesh, India, dan Pakistan.

[fik]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge