0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Bonek dan Aremania Serbu Solo, Polres Sragen Siapkan Pengamanan

Kapolres Sragen AKBP Arif Budiman (dok.timlo.net/agung widodo)

Solo — Dua kelompok suporter besar, Bonekmania dan Aremania bakal menyerbu Kota Solo untuk mendukung tim kesayangannya. Ya, Stadion Manahan ditunjuk sebagai venue babak perempatfinal Piala Presiden 2018, Sabtu-Minggu (3-4/2) mendatang.

Persebaya Surabaya dan Aremania sama-sama lolos di babak delapan besar ini, dan menunggu pengundian pertandingannya. Kedua suporter memiliki riwayat penuh perseteruan apabila berjumpa. Kepolisian Resort Kabupaten Sragen bakal menyiapkan pengamanan ketika kedua suporter melewati Sragen.

Sragen merupakan jalur yang dilewati suporter dari Surabaya maupun Malang ketika berkunjung ke Solo. Bonekmania dan Aremania pernah bertikai di wilayah Sragen pada 2015 lalu.

Saat babak 8 besar Piala Jenderal Sudirman 2015, sempat terjadi penyerangan terhadap rombongan Aremania di SPBU Jatisumo, Sambungmacan, Sragen, oleh oknum bonek. Setidaknya, dua Aremania tewas dalam kejadian itu.

Pengamanan dari Polres Sragen bakal ekstra, agar peristiwa serupa tak terjadi kembali. Kapolres Sragen AKBP Arif Budiman mengaku sudah menyiapkan sejumlah hal terkait pengamanan jalur. Komunikasi intensif juga dilakukan dengan kepolisian sekitar terkait kemungkinan dua kelompok suporter tersebut akan melintas wilayah Sragen.

“Kami sudah berkomunikasi secara intensif dengan Polres Ngawi dan Karanganyar yang berbatasan dengan Sragen. Kami akan melakukan pengamanan maksimal agar semua berjalan lancar. Pengamanan mulai keberangkatan hingga setelah pertandingan selesai atau kepulangan suporter,” kata Kapolres AKBP Arif Budiman, Rabu (31/1).

Caranya, pemeriksaan ketat dilakukan saat rombongan suporter masuk ke wilayah perbatasan Provinsi Jawa Tengah-Jawa Timur di sisi timur Sragen. Setiap rombongan akan dicek dan diswepping untuk mengantisipasi adanya senjata tajam yang dibawa dan dapat memicu kejadian yang tidak diinginkan.

“Harapannya, pemeriksaan nanti akan meminimalisir kejadian yang tidak diinginkan. Secara estafet, dari wilayah Sragen dilanjutkan kepolisan Karanganyar menuju Solo,  begitu juga sebaliknya,” tandas AKBP Arif Budiman.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge