0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Polisi Tetapkan 11 Tersangka Klitih, 8 Diantaranya Pelajar

Kapolres Klaten AKBP Juli Agung Pramono memperlihatkan sejumlah senjata tajam yang diamankan dari para remaja yang hendak melakukan aksi klitih (dok.timlo.net/awijaya)

Klaten — Polres Klaten menetapkan 11 tersangka anggota berandalan bermotor yang hendak melakukan aksi kekerasan jalanan alias klitih. Belasan tersangka tersebut terbagi dalam 8 Laporan Polisi (LP) selama kurun waktu Desember 2017 dan Januari 2018.

“Diduga geng motor atau klitih. Dari jumlah total 11 tersangka, tiga orang berusia dewasa dan delapan orang berusia anak sekolah, baik masih berstatus pelajar maupun sudah putus sekolah,” kata Kapolres Klaten AKBP Juli Agung Pramono, Rabu (31/1).

AKBP Agung mengatakan, pihaknya berhasil menyita sejumlah barang bukti berupa 8 bilah senjata tajam berukuran panjang layaknya pedang, sangkur, maupun badik, tongkat pemukul bisbol dan dua buah gir motor yang dikaitkan pada ikat pinggang. Benda-benda tersebut sebagian ditemukan dibuang di jalan untuk menghindari pemeriksaan petugas.

“Ini amat sangat tidak kita harapkan. Sudah kebablasan. Hampir 75 persen barang bukti adalah klewang, golok, pedang,” geram dia.

Berdasarkan pengakuan para tersangka, kata Kapolres, benda-benda tersebut mereka bawa untuk berjaga-jaga. Padahal secara usia mereka bukan lah petugas keamanan atau security.

“Kita kumpulkan dari anak- anak yang nongkrong, belum sampai ada aksi tawuran. Alasannya untuk berjaga jaga melawan perlawanan. Padahal mereka bukan security. Tapi ketika dipengaruhi pil koplo atau ciu pasti mereka yang mendahului,” kata AKBP Agung.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge