0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Blood Moon, Masjid Agung Surakarta Ajak Umat Islam Shalat Gerhana

Gerhana bulan merah di Jimbaran. ©AFP PHOTO (merdeka.com)

Solo — Takmir Masjid Agung Surakarta mengajak masyarakat untuk mengikuti Shalat Khusuf atau Shalat Gerhana Bulan. Ibadah Shalat Gerhana diselenggarkan bersamaan dengan terjadinya fenomena Super Moon, Blue Moon, dan Super Moon di saat yang bersamaan pada hari Rabu (31/1) besok.

“Gerhana bulan total adalah salah satu tanda kekuasaan Allah. Saat-saat seperti itu akan sangat bagus dimanfaatkan untuk mendekatkan diri kepada Allah,” kata Imam Masjid Agung Surakarta, Muhammad Muhtarom, Selasa (30/1).

Meski gerhana bulan total cukup sering terjadi, gerhana kali ini bisa dibilang istimewa. Di bulan Januari ini, bulan purnama terjadi dua kali di awal akhir bulan. Fenomena ini sering blue moon. Peristiwa itu terjadi bertepatan dengan posisi bulan berada di orbit paling dekat dengan Bumi atau biasa disebut peristiwa Super Moon. Dua fenomena alam itu ditambah gerhana bulan akan menghasilkan Blood Moon di mana warna bulan menjadi merah tembaga.

“Saat terjadi fenomena alam yang istimewa, kita Umat Islam diajarkan untuk memperbanyak dzikir dan doa,” kata dia.

Muhtarom menerangkan prosesi Shalat Khusuf akan langsung dimulai setelah Shalat Isya’. Imam berdiri dan mengajak jamaah shalat dua rokaat dipimpin oleh Muhtarom sendiri. Setelah shalat jamaah mendengarkan khotbah yang disampaikan oleh Rizqon Aziz Assegaf.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge