0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Pengedar Ratusan Pil Trihex Diringkus, Salah Satunya Pelajar

Lebih dari 600 butir pil trihex diamankan Satuan Reserse Narkoba Polres Klaten (timlo.net/a wijaya)

Klaten — Satuan Reserse Narkoba Polres Klaten meringkus dua pengedar pil jenis Trihexyphenidyl yang biasa menyasar kalangan pelajar. Dari tangan mereka, polisi menyita ratusan pil yang termasuk obat berbahaya jenis daftar G tersebut.

“Selain pengedar, kedua tersangka juga pengguna. Total barang bukti sebanyak 603 butir pil Trihex (Trihexyphenidyl),” kata Kapolres Klaten, AKBP Juli Agung Pramono, saat konferensi pers di Mapolres setempat, Selasa (30/1).

Berdasarkan data, dua tersangka yang dicokok pada Januari 2018 ini atas nama Rizal Ibnu Ardian (19) dan MS (17). Kedua warga Desa Jiwan, Kecamatan Karangnongko itu mengedarkan pil Trihex kepada anak usia sekolah, baik masih bersekolah maupun sudah putus sekolah.

“Ini sebetulnya obat untuk orang- orang tremor (penderita parkinson). Namun dengan konsumsi berlebih dan tanpa resep dokter, disalahgunakan sebagian pelajar dan bisa bikin mabuk. Rata- rata pengakuannya jadi lebih berani untuk tindakan kenakalan remaja,” ujar AKBP Agung.

Akibat perbuatannya memakai dan mengedarkan obat terlarang, Rizal dan MS dijerat pasal 112 ayat 1 subsider pasal 132 ayat 1 Undang Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan junto Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP dengan ancaman pidana penjara maksimal 12 tahun.

“Salah satu pelakunya masih berstatus pelajar SMK. Maka buat bapak- ibu yang ada di rumah waspadai dan perhatikan perubahan perilaku anak- anak yang kita cintai. Selamatkan dari pergaulan yang salah,” imbuh Kapolres Klaten.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge