0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Asah Kemampuan Personel, Minggu Militer Diterapkan di Kodim Solo

Anggota Kodim 0735/ Surakarta melakukan kegiatan Minggu Militer (timlo.net/achmad khalik)

Solo – Sudah menjadi keharusan, jika seorang personel TNI memiliki fisik yang prima. Untuk membentuk tujuan tersebut, Kodim 0735/ Surakarta membuat program Minggu militer yang diberlakukan bagi seluruh anggota.

“Tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan personel Kodim agar selalu pria dan siap menjalankan tugas yang dibebankan,” terang Komandan Kodim (Dandim) 0735/Surakarta Letkol Inf Ali Akhwan, Selasa (30/1) siang.

Program ini, kata Dandim, dilaksanakan setiap bulan sekali pada hari Minggu terakhir. Kegiatan ini meliputi latihan Peraturan Baris Berbaris (PBB) dan Peraturan Urusan Dinas Dalam (PUDD) yang dilaksanakan di lapangan apel Makodim.

“Profesionalisme prajurit dapat dilihat dari sikap, tingkah laku, disiplin, loyalitas, serta militansi yang ditunjukkan dalam kesehariannya. Latihan PBB dan PUDD merupakan bagian dari pemeliharaan disiplin bagi prajurit sekaligus bertujuan untuk membentuk karakter serta mental prajurit.” Tegas Dandim.

Meski begitu, lanjutnya, tak hanya dalam minggu militer saja personel Kodim melaksanakan PBB dan PUDD. Akan tetapi, juga rutin dilaksanakan usai melaksanakan upacara bendera setiap hari senin dan pada saat selesai melaksanakan apel pagi setiap harinya.

Sementara, Danramil Kapten inf Subardi mengatakan, tujuan kegiatan minggu militer adalah untuk melatih, membina, dan meningkatkan disiplin setiap prajurit. Baik secara perorangan maupun tingkat satuan. Juga untuk membentuk prajurit yang profesional serta Disiplin dalam mengemban tugas-tugas kewilayahan.

“Kita ingat-ingat kembali Peraturan Militer Dasar (Permildas) yang kita dapatkan semenjak pertama kali menjadi Anggota TNI, Laksanakan latihan ini dengan penuh semangat dan jangan malas untuk berlatih, karena semua ilmu yang sudah kita dapatkan akan lupa jika tidak kita pelajari dan kita latihkan,” tegasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge