0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Curah Hujan Tinggi, Begini Kondisi WGM

Waduk Gajah Mungkur (timlo.net/tarmuji)

Wonogiri — Meski curah hujan beberapa pekan belakangan di Wonogiri cukup tinggi, namun ambang batas muka air diklaim masih di bawah normal. Bahkan, dari empat pintu limpasan (spillway) yang ada hanya dua pintu yang dibuka.

“Pembukaan spillway WGM merupakan aktifitas teknis untuk menjaga kondisi dan keamanan waduk,” ungkap Kepala Sub Divisi Jasa Air dan Sumber Air III Perum Jasa Tirta (PJT) I Wilayah Sungai Bengawan Solo, Hermawan Cahyo, Senin (29/1).

Menurut dia, pembukaan spillway pada prinsipnya karena pertimbangan teknis dan keamanan, salah satunya tinggi muka air (TMA). Saat dibuka, tinggi muka air waduk mencapai 134.50 mdpl. Adapun angka tersebut masih dibawah batas maksimum di level 136.0 mdpl.

” Total pintu spillway ada empat unit, saat ini hanya dibuka dua pintu saja, ” kata dia.

Dia menyebut, jika pembukaan spillway juga bertujuan untuk menjaga fungsi tampungan, salah satunya sebagai pengendali banjir. Durasi waktu beber dia pembukaan tidak bisa ditentukan karena terdapat berbagai pertimbangan teknis. Meski belum menyentuh angka 134. 50 mdpl, sejauh ini pintu telah dibuka karena ada pembangunan bendungan penyekat di WGM yang membutuhkan debit air.

“Sejauh ini perairan Bengawan Solo masih aman terkait pembukaan spillway. Saat ini debit air yang mengalir 100 m3/detik dan untuk pengoprasian turbin PLTA 66 m3/detik sehingga total 166 m3/detik, ” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge