0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Di Jateng, Baru 3 PTS Akreditasi A dan 48 Akreditasi B

Prof Dr DYP Sugiharto (timlo.net/eko prasetyo)

Solo — Saat ini, baru tiga perguruan tinggi swasta (PTS) di Jawa Tengah atau di bawah wilayah Koordinator Perguruan Tinggi Swasta Wilayah 6 Jawa Tengah yang berakreditasi A dan 48 perguruan tinggi swasta akreditasi B. Sisanya berakreditasi C maupun proses akreditasi.

“Untuk memperoleh akreditasi institusi A, memang membutuhkan persiapan yang tidak instant, seperti yang dilakukan 5 PTS di Jawa Tengah, yang juga siap untuk menuju Akreditasi A,” jelas Koordinator Kopertis Wilayah 6 Jawa Tengah, Prof Dr DYP Sugiharto di Universitas Tunas Pembangunan (UTP) Solo, Senin (29/1).

Untuk menuju A, menurut Sugiharto, sebagian besar terkendala pada Sumber daya Manusia (SDM). Karena ada syarat doktornya harus sekian, maka kami mendorong meningkatkan SDMnya,” jelasnya.

Namun demikian, Kopertis Wilayah 6 Jateng mengemukakan,  akreditasi program studi (Prodi) PTS di Jawa Tengah, saat ini tercatat ada sekitar 60 persen atau sekitar 600 prodi dari 1100 prodi,  sudah terakreditasi B.

“Tinggal kami terus berupaya PTS-PTS yang masih berakreditasi C dan yang masih belum, agar segera meningkatkan level akreditasi,” ujarnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge