0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Akses Jalan Depan Dalem Prabuwinatan Dibuka

Jalan Depan Dalem Prabuwinatan Dibuka (timlo.net/heru gembul)

Solo — Timbunan material sisa robohan tembok Dalem Prabuwinatan masih berserakan dijalan didepan Sasana Putra, sejak roboh pada 15 Januari lalu. Hal itu menyebabkan akses jalan menjadi terhambat. Selama dua pekan, akses jalan tersebut ditutup dan diberi pagar pembatas.

“Hari ini kita buka pagar pembatas, sedikit untuk memberikan akses kepada warga sekitar untuk melintas,” kata lurah Lurah Baluwarti, Suhadi Wahono, Senin (29/1).

Dikatakan bahwa masyarakat banyak mengeluhkan penutupan jalan tersebut. Untuk sementara waktu, akses jalan hanya dibuka bagi sepeda motor dan pejalan kaki.

Sedangkan untuk mobil dan kendaraan berat, kata Suhadi, akses jalan tersebut dinonaktifkan untuk sementara. Sebab, getaran yang dihasilkan oleh kendaraan berat dan mobil dikhawatirkan bisa memperparah kondisi tembok retak yang masih tersisa berdiri.

Mengenai sisa robohan tembok, dia mengatakan masih dalam penanganan petugas dari Badan Pelestarian Cagar Budaya (BPCB).

“Kami belum bisa memastikan kapan akan ditangani. Sampai saat ini pihak Pemkot, BPCB dan Keraton, masih berkoordinasi,” tambahnya.

Sementara, salah seorang warga Langensari, Eko Joko Prayitno mengaku senang dengan pembukaan jalan tersebut. Sebab, selama ini dirinya kehilangan akses jalan dan harus memutar.

“Senang Mas, sekarang sudah bisa diakses lagi jalannya. Kalau selama penutupan, kita harus memutar. Semoga segera bisa diperbaiki temboknya. Karena kita lewat juga khawatir kalau roboh lagi,” kata dia.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge