0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Tahun Ini, ASN di Wonogiri Pensiun Besar- Besaran

Pelayanan di Kantor BKD Wonogiri (timlo.net/tarmuji)

Wonogiri — Jumlah rekrutmen dan pegawai yang pensiun di Wonogiri tidak seimbang. Tahun ini saja, dipastikan ada ratusan pegawai negeri sipil (PNS) di Wonogiri siap-siap pensiun, sementara dari ribuan formasi setiap tahunnya yang diajukan Pemkab hanya disetujui sekitar setengah persen saja.

“Tahun ini ada 500 ASN di lingkungan Pemkab Wonogiri bakal pensiun,” ungkap Kepala BKD Wonogiri, Rumanti Permanandyiah, Senin (29/1).

Dijelaskan, saat ini sedikitnya sudah ada 114 orang purna tugas namun belum ada promosi atau pelantukan untuk mengisi kekosongan kursi ASN tersebut. Kondisi ini, cukup merepotkan pimpinan satuan tugas atau OPD karena beban tugas ASN yang pensiun itu terpaksa diampu oleh staf biasa yang tidak sesuai kecakapannya. Keterangan yang dihimpun, di beberapa kantor kecamatan di Kabupaten Wonogiri ada 3-4 pegawai eselon IV-b yang pensiun di awal 2018 ini.

Kepala BKD memerinci, pegawai eselon lll-a yang pensiun ada 3 orang, eselon III-b (13 orang), eselon IV-a (49) dan ASN eselon IV-b sejumlah 114 orang dan eselon II-b ada 7 orang. Sedang jumlah total ASN di Wonogiri sebanyak 10.227 pegawai.

“Data adanya kekosongan 114 pegawai tersebut sudah kami sampaikan kepada bupati mungkin dalam waktu dekat akan segera diisi, itu menjadi kewenangan beliau,” jelasnya.

Sementara Bupati Wonogiri Joko Sutopo mengatakan, sudah menyiapkan promosi dan seleksi ASN Pemkab Wonogiri sesuai aturan yang berlaku yakni UU Nomor 5 Tahun 2014 tentang aparatur sipil negeri.

“Untuk mengisi kekosongan tujuh kepala OPD yang pensiun akan ada lelang jabatan atau seleksi oleh tim independen,” kata Bupati Joko.

Pihaknya tidak tahu menahu proses lelang jabatan kepala OPD (Kadin Arpusda, Bappeda dan Litbang, Kominfo, KLH, Disnakperla, Staf Ahli Bupati dan Kepala BKD) termasuk pengisian staf oleh Baperjakat Wonogiri.

“Santai saja, wong kita tidak ada kata jual jabatan atau intervensi lainnya. Ini akan kita lakukan dengan bersih, profesional dan transparan,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge