0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Nissan Ciptakan Sandal yang Bisa Dipanggil dan Bergerak Sendiri

Sandal pintar. (nextshark.com )

Timlo.net—Produsen mobil Jepang, Nissan Motor Co. menemukan sebuah cara unik untuk menggunakan teknologi mengemudi otomatis. Biasanya teknologi itu dipakai pada mobil dan kendaraan roda empat lainnya. Kali ini, Nissan memutuskan mencobanya pada sandal yang biasanya disediakan rumah tradisional di Jepang.

Teknologi itu membuat sandal bisa parkir sendiri setelah digunakan. Jadi pengguna tidak perlu meletakkan sandal pada tempatnya. Selain itu para pengguna bisa memanggil dan membubarkan sandal dengan satu sentuhan saja pada sebuah tombol. Penggunaan teknologi itu akan diresmikan pada penginapan tradisional khusus milik Nissan, ProPILOT Park Ryokan, di kota resor di Hakone, pada Maret 2018.

Teknologi yang digunakan Nissan disebut ProPilot Park. Sandal-sandal di penginapan itu akan dilengkapi dengan dua roda kecil dan beberapa sensor. Dua roda itu memampukan sandal untuk bergerak di lantai lobi penginapan yang terbuat dari kayu, tulis Nextshark.

Selain sandal cerdas, penginapan itu juga dilengkapi meja pendek dan bantal lantai cerdas. Dua perabot itu juga bisa bergerak sendiri. Bila tidak digunakan, semua obyek akan secara otomatis kembali ke tempat mereka.

Penginapan milik Nissan itu menggunakan teknologi versi sederhana yang digunakan untuk mobil listrik Leaf. Selain sensor canggih, mobil itu juga menggunakan berbagai kamera supaya pengemudi bisa parkir secara otomatis tanpa diarahkan oleh pengemudi.

Nissan mengakui jika penggunaan teknologi canggih mereka pada sandal itu bukanlah karena diperlukan. Mereka ingin mendorong masyarakat supaya berinovasi dan mengembangkan teknologi lain untuk masa depan manusia.

“Sandal parkir sendiri ini dimaksudkan untuk meningkatkan kesadaran akan teknologi mengemudi otomatis, dan potensinya untuk penerapan di luar mengemudi,” ujar juru bicara Nissan Nick Maxfield.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge