0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Mau Bayar Utang kok Mencuri, ya Ditangkap Polisi

Tersangka pencurian motor saat diamankan di Mapolresta Solo  (dok.timlo.net/achmad khalik)

Solo — Lantaran menggondol sebuah sepeda motor, Galuh Yudha Saputra (22) dicokok anggota Satreskrim Polresta Solo, Minggu (28/1) malam. Warga Kroyo RT01/ RW01 Kelurahan Kroyo, Kecamatan Karangmalang, Sragen ini ditangkap setelah adanya laporan dari pemilik kendaraan.

“Kami menerima laporan korban, lalu kami kembangkan dengan menanyai sejumlah saksi serta melakukan olah TKP,” terang Wakasatreskrim Polresta Solo, AKP Sutoyo mewakili Kasatreskrim Polresta Solo, Kompol Agus Puryadi, Senin (29/1) siang.

Kasus ini bermula saat tersangka yang kos di Kawasan Jl Kluwuk, Kampung KagokanT03/ RW06, Karangasem, Solo melihat ada motor jenis Yamaha N-Max AD6064 ZH terparkir di pekarangan sebuah tempat kos tak jauh dari kos tersangka. Melihat kesempatan tersebut, tersangka melakukan pengintaian selama dua hari. Hingga akhirnya, tersangka melakukan pencurian pada Rabu (24/1) dinihari.

“Tersangka sudah mengintai sebelum menjalankan aksinya,” jelas Wakasatreskrim.

Dalam menjalankan aksinya, lanjut Wakasatreskrim, tersangka menuntun motor hasil curiannya lantaran tidak dalam keadaan dikunci stang. Setelah berhasil ‘memetik’ motor, tersangka lalu mengganti plat nomor asli dengan plat nomor palsu miliknya yang telah disediakan. Lalu, keesokan paginya tersangka kembali menuntun motor tersebut ke Kawasan UMS untuk dibawa ke tukang kunci. Setelah berhasil menghidupkan mesin, tersangka membawa motor hasil kejahatannya ke rumahnya di Kawasan Sragen.

“Tersangka kami bekuk di sebuah warung hik tak jauh dari tempat tinggalnya,” ungkapnya.

Beruntung, motor hasil kejahatan tersangka belum sempat terjual sehingga berhasil turut diamankan.

“Rencananya mau dijual, tapi belum laku,” kata Wakasatreskrim.

Sementara itu, dari pengakuan tersangka, dirinya nekat menggondol motor Yamaha N-Max warna putih itu lantaran tidak memiliki uang untuk membayar utang.

“Rencananya mau saya jual, buat nyaur utang. Tapi, sudah ketangkap duluan,” kata tersangka menyesali perbuatannya.

Akibat perbuatannya, tersangka dijerat dengan Pasal 363 tentang Pencurian dengan ancaman hukuman maksimal tujuh tahun penjara.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge