0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Personel Damkar Solo Ikuti Pelatihan Vertical Rescue

Mobil Pemadam Kebakaran Kota Solo (dok.timlo.net/achmad khalik)

Solo — Sebanyak 100 personel pemadam kebakaran (Damkar) Kota Solo akan dikerahkan guna mengikuti latihan petkuatan dan profesionalitas pemadam kebakaran di Donohudan, Ngemplak, Boyolali, Selasa (30/1). Pelatihan ini merupakan bagian dari kesiapan tangguh bencana yang dicanangkan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

“Ada 100 personel, baik TKPK maupun PNS yang akan kita kirim. Pelatihan ini penting untuk diikuti, guna menambah kemampuan dan keterampilan personel,” papar Kepala Dinas Pemandam Kebakaran Solo, Gatot Sutanto, melalui sambungan telepon, Senin (29/1).

Gatot memaparkan, peserta akan mendapatkan pelatihan pemadaman api dasar, pelatihan vertical rescue, dan ketrampilan lainnya. Pelatihan akan dibawakan oleh Jakarta Rescue sebagai narasumber.

“Kita ingin latihan ini bisa memberi manfaat bagi personel, saat melaksanakan tugas pemadaman api,” kata dia.

Pelatihan akan dibuka langsung Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Pelatihan berlangsung selama dua hari, Selasa-Rabu (30-31/1).

Selain pelatihan yang diadakan oleh provinsi, Dinas Damkar Solo sebenarnya juga telah mengadakan latihan secara rutin. Latihan yang digelar selain dilakukan oleh personel pemadam, juga melibatkan masyarakat.

“Kita latihan rutin tetap dilakukan. Hampir seminggu sekali kita latihan dan melibatkan masyarakat juga. Untuk edukasi terhadap masyarakat,” tambah Gatot.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge