0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Pratikno Belum Terima Surat Usulan Dua Pj Gubernur

Pratikno (merdeka.com)

Timlo.net – Usulan dua Penjabat (Pj) Gubernur, Jawa Barat dan Sumatera Utara yang bakal diisi Perwira Tinggi Polri masih menuai pro kontra. Menteri Sekretaris Negara, Pratikno belum menerima surat usulan tersebut dari Kementerian Dalam Negeri.

“Ya yang mengusulkan Kemendagri, itu usulan kan belum masuk sampai hari ini,” ungkap Pratikno di Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta, Senin (29/1).

Pratikno menuturkan, tidak ada mekanisme khusus dalam menentukan nama Pj Gubernur. Akan tetapi, jika dalam usulan itu terdapat nama yang menjadi perdebatan publik, maka sejumlah menteri terkait akan melakukan rapat internal untuk mempertimbangkan kembali.

“Kalau ada yang jadi perdebatan publik ya tentu saja didiskusikan. Biasa lah diskusi antara menteri membicarakan,” ucap dia.

Diberitakan sebelumnya, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menunjuk dua perwira tinggi (pati) Polri untuk menjadi Penjabat (Pj) Gubernur di Jawa Barat dan Sumatera Utara. Dua pati Polri itu adalah Irjen Polisi M Iriawan dan Irjen Polisi Martuani Sormin yang akan menjadi penjabat Gubernur Jawa Barat dan Sumatera Utara.

Saat ini, Irjen Polisi M Iriawan menjabat sebagai asisten Kapolri Bidang Operasi. Sementara Irjen Polisi Martuani Sormin menduduki posisi Kadiv Propam Polri.

Penunjukan ini langsung menuai polemik. Sebab, berdasarkan UU No 34 Tahun 2004 tentang Tentara Nasional Indonesia dan UU No 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Republik Indonesia, anggota TNI dan Polri aktif tidak boleh berpolitik dan menempati jabatan sipil.

[rzk]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge