0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Mobil Tanpa Sopir Tabrakan Dengan Motor, GM Dituntut Hukum

Uji coba mobil tanpa sopir Chevy Bolt. (ubergizmo.com)

Timlo.net—Ada alasan kenapa mobil otomatis tanpa sopir belum dikomersialkan selain karena persoalan teknologi. Alasan itu adalah karena hukum dan aturan saat ini belum mencakup teknologi mobil tanpa sopir.

Misalnya apa yang akan terjadi jika mobil otomatis tanpa sopir ini terlibat kecelakaan? Apakah orang di dalam mobil yang harus disalahkan? Ataukah produsen mobil itu? Aturan terkait hal ini perlu dibuat. Tapi untuk sekarang ini, produsen mobil yang akan disalahkan. Produsen mobil GM dituntut secara hukum karena sebuah kecelakaan. Kecelakaan itu melibatkaan sebuah sepeda motor dan mobil tanpa sopir buatan mereka, tulis Ubergizmo.

Pengendara motor Oscar Nilsson menuntut produsen mobil itu setelah dirinya mengalami kecelakaan dengan mobil tanpa sopir Chevy Bolts. Oscar mengaku mengikuti mobil itu dari belakang. Tapi mobil itu berganti jalur. Melihat hal itu, Oscar mulai mencoba menyalip mobil. Tapi begitu hendak disalip, mobil itu kembali ke jalur semula. Tabrakan pun tidak terhindarkan. Oscar jatuh ke jalan dan mengalami luka pada leher dan bahu.

GM membantah penjelasan Oscar. Mereka mengatakan Oscar menyalip sebelum memastikan jika dia bisa melakukannya dengan aman. Kasus ini akan menjadi kasus yang menarik. Mungkin kasus ini bisa menjadi dasar untuk pembentukan hukum yang mengatur teknologi mobil tanpa sopir.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge