0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Kopi Indonesia Berpotensi Kuasai Dunia, Ini Alasannya

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo (dok.timlo.net/achmad khalik)

Solo — Pemerintah Jawa Tengah mendorong penjualan kopi ke mancanegara. Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menilai Kopi Jateng mempunyai peluang besar untuk menembus pasar ekspor. Di sisi lain, komoditas kopi juga memiliki daya tarik wisata tersendiri.

“Temanggung itu pernah ikut lomba di Jawa Timur, dari 10 kategori lomba dia menang 8. Ini artinya banyak gunung di Jawa Tengah yang punya potensi kopi yang bagus,” kata Ganjar Pranowo, di Solo, Minggu (28/1).

Ia menuturkan pengalamannya di Polandia beberapa waktu lalu. Negara yang pasar kopinya mulai mekar awal 2016 lalu. Di sana, kata Ganjar, Kopi Jawa dan Kopi Luwak mendominasi pasar. Namun, meski jelas-jelas menyandang nama Jawa dan Luwak, kemasan dua jenis kopi itu mencantumkan Chekoslovakia sebagai negara asal.

“Padahal Chekoslovakia itu kan hanya beli bean dari kita kemudian diolah di sana dipackaging yang bagus,” kata dia.

Hal itu, menurut Ganjar menunjukkan bahwa kopi Indonesia berpeluang besar untuk menguasai pasar internasional. Hanya saja, ia mengakui kemampuan Indonesia mengolah kopi agar memenuhi standar dan selera pasar internasional belum cukup.

“Kita punya kopinya tapi tidak bisa buat kopi dengan berbagai macam rasa kita mencoba untuk mendorong agar kopi kita ini bisa diolah dengan rasa kita sendiri yang khas,” kata dia.

Di sisi lain, Pemerintah sebenarnya siap mempromosikan dan membuka jalan agar kopi bisa melenggang khususnya di negara-negara eropa. Berbagai even pameran sudah digelar untuk mengenalkan kualitas kopi Indonesia ke lidah pasar mancanegara. Gencarnya pameran pun sudah mulai menunjukkan hasil positif.

“Sudah ada beberapa dari Semarang yang sudah dijual ke Australia. Terus beberapa tempat menjual sendiri-sendiri tapi masih dalam skala kecil ke Eropa Timur. Kebumen itu membuat kopi dikemas dalam bambu dan kemarin kita pamerkan di Rusia,” kata dia.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge