0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Pohon Asam Jawa Timpa BST Berisi 10 Penumpang

Pohon Asam Jawa Timpa BST (timlo.net/ichsan rosyid)

Solo — Sebuah pohon asam jawa di Jalan R W Monginsidi tumbang menimpa bus Batik Solo Trans (BST) Koridor II, Minggu (28/1). Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

“Tidak ada angin sama sekali. Tiba-tiba pohon ambruk,” kata pengemudi BST, Eko Budiyanto kepada wartawan saat ditemui di lokasi kejadian.

Peritiwa bermula sekitar pukul 14.00 WIB saat bus bernomor polisi AD 1637 AU itu mendadak mogok tepat di depan halte bus di Timur SPBU Balapan. Menurut Eko, bus berisi 10 penumpang itu mogok karena kerusakan kopling. Eko pun mengarahkan penumpang untuk dioper ke bus berikutnya. Saat menunggu bus pengganti, tiba-tiba pohon asam jawa yang berusia puluhan tahun roboh menimpa bus dan halte BST.

“Untungnya saya dan penumpang-penumpang sudah keluar dari bus,” kata dia.

Pantauan Timlo.Net, pohon yang menimpa BST itu cukup besar. Diameter bagian pangkalnya mencapai hampir satu meter. Untungnya, Bus yang dikemudikan Eko itu hanya tertimpa bagian kanopi pohon sehingga tidak menimbulkan kerusakan parah.

Mendapat laporan kejadian tersebut, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Solo langsung menerjunkan tim reaksi cepat ke lokasi. Bus malang itu berhasil dievakuasi sekitar pukul 16.30 WIB. Kepala Seksi Kesiapsiagaan dan Pencegahan BPBD Solo, Sumarno mengatakan pihaknya harus ekstra hati-hati dalam menangani kejadian pohon tumbang kali ini.

“Karena kena kabel listrik dan telfon juga. Tadi haltenya juga hampir roboh waktu pohonnya ditarik,” kata dia.

Menurut catatan BPBD, kejadian tersebut menimbulkan kerugian sekitar Rp 6 Juta. Kerugian ditimbulkan karena kerusakan armada BST dan halte yang tertimpa pohon.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge