0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Taman Sakral Tandai 60 Tahun Hubungan Diplomatik Indonesia-Jepang

(Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menanam pohon sakura di Cemoro Kandang bersama jajaran Toyota Indonesia, Perhutani dan sebagainya. (foto:Raymond))

Karanganyar – Penanaman pohon sakura di Cemoro Kandang, Tawangmangu, Sabtu (27/1) menandai 60 tahun hubungan diplomatik antara pemerintah Indonesia dengan Jepang. Kegiatan tersebut diprakarsai Toyota Indonesia dan kedutaan besar Jepang untuk Indonesia yang menggandeng Perhutani, LIPI. Pemprov Jawa Tengah dan masyarakat lereng Lawu.

“Saat masyarakat Karanganyar melihat pohon sakura di sini, akan teringat hubungan baik Indonesia-Jepang,” kata Dubes Jepang untuk Indonesia, Kozo Honsei.

Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Warih Andang Tjahjono berharap program CSR perusahaannya yang bertajuk taman wisata toyota Indonesia dapat menjadi ikon wisata Tawangmangu. Toyota Indonesia memakai 5 hektare lahan Perhutani dalam mewujudkan taman wisata, dengan diawali penanaman 60 pohon sakura di 1,2 hektare.

Program CSR ini akan berlangsung selama 5 tahun dengan melibatkan Perhutani, Kementrian LH, LIPI, UNS dan komunitas masyarakat di Tawangmangu. Pada Maret nanti, CSR Toyota akan menanam kembali 40 pohon sakura di lokasi sama. Hingga 2018, TMMIN telah menanam sekitar 1,3 pohon di Indonesia. Tahun ini dilanjutkan 300 ribu pohon untuk menjaga kelestarian ekosisitem pesisir pantau utara Jawa.

“Kami harapkan hubungan kerjasama baik antara dua negara yang telah terjalin selama ini dapat terus dilanjutkan dan dikembangkan seperti indahnya bunga sakura. Sebelumnya sudah uji coba dan hasilnya bagus. Bisa hidup di Lawu,” katanya.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge