0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Walikota: Penggembokan Ruang Keraton Langgar UU

Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo (dok.timlo.net/achmad khalik)

Solo — Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo menyebut penggembokan ruangan-ruangan di dalam Keraton Kasunanan Surakarta Hadingrat menyalahi undang-undang (UU). Sebab akibat penggembokan ini kegiatan pembersihan dan sejumlah kegiatan adat tidak berjalan sebagaimana harusnya.

“Tugas kita ini kan menjaga, melindungi dan merawat. Lha kalau digembok ini kan jadi tidak bisa dirawat, dibersihkan. Ini bisa kena pasal lho, dan pasalnya gedhe,” ungkap pria yang akrab disapa Rudy tersebut, Jumat (26/1).

Rudy mengatakan, sebenarnya di dalam Keraton sudah tidak ada kubu-kubu dan melebur menjadi satu dalam perdamaian. Namun lantaran ada orang luar yang turut campur dalam permasalahan keraton, kondisi kembali meruncing.

“Ya kan sebenarnya sudah melebur, sudah mau berdamai. Tetapi bisa jadi seperti ini, apa penyebabnya,” ujarnya kesal.

Dia mengatakan, sebagai walikota dirinya memiliki kewajiban untuk melindungi dan menjaga aset negara, salah satunya Keraton Kasunanan.

“Tapi kalai hanya begini (bertikai) terus kan menghabiskan energi,” tegasnya.

Walikota berjanji akan segera mengambil tindakan terkait penggembokan sejumlah ruangan Keraton Solo. Pihaknya pun berharap Raja Pakubuwono XIII segera sadar terhadap kewajibannya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge