0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Robot Kecil Ini Ditenagai Oleh Kelembaban

Hygrobot. (ubergizmo.com )

Timlo.net—Robot berukuran memiliki banyak kegunaan. Jika ukurannya sangat kecil, mereka bisa berenang di dalam tubuh untuk melawan penyakit. Bisa juga digunakan dalam militer untuk menyusup ke wilayah musuh karena terlalu kecil untuk dideteksi. Akan tetapi masalah yang dihadapi dengan robot kecil adalah sumber tenaganya. Para peneliti bisa menciptakan baterai yang sama kecilnya. Tapi baterai itu punya kelemahan yaitu bisa meledak.

Hal ini tentunya berbahaya jika robot kecil itu dimasukkan ke dalam tubuh. Tapi para peneliti dari Seoul National University di Korea Selatan berhasil menciptakan sebuah solusi baru. Mereka menciptakan robot kecil yang ditenagai kelembaban. Informasi detil tentang robot itu diterbitkan di jurnal Science Robotics. Robot itu disebut hygrobot. Robot tersebut bisa merayap dan menggeliat seperti ular untuk bergerak.

Hygrobot ini bisa digunakan untuk membawa obat ke kulit manusia. Inspirasi hygrobot menurut para peneliti berasal dari tanaman, tulis Ubergizmo. Tanapan bisa berubah ukuran dan bentuk dengan menyerap air dari tanah dan udara.
Karena ada banyak kelembaban di udara, hal ini berarti hygrobot bisa menemukan sumber energi dengan mudah. Selain itu, kelembaban tidaklah beracun dan tidak berbahaya. Tidak ada potensi jika kelembaban akan meledak atau terbakar. Tentunya, kapan robot-robot ini akan diproduksi massal dan digunakan untuk keperluan komersial masih perlu dilihat.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge