0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Pelihara Hewan Dilindungi, Candra Serahkan Lima Buaya Ini ke Polda

ilustrasi (merdeka.com)

Timlo.net — Candra Gunawan (26) warga Moyudan, Sleman menyerahkan lima ekor buaya muara atau memiliki nama latin Crocodylus Porosus ke Dirreskrimsus Polda DIY, Jumat (26/1). Lima ekor buaya yang diserahkannya ini sudah dipelihara Chandra sejak lima tahun yang lalu. Saat ini ukuran buaya itu lebih dari satu meter.

Chandra menceritakan, lima ekor buaya itu didapat dari temannya saat sedang memancing di sungai daerah Moyudan. Saat itu Chandra ditawari temannya sesama pemancing.

“Saya kan suka mancing. Saat memancing di sungai ada teman pemancing yang menawari memelihara buaya muara,” ujar Candra di Mapolda DIY, Jumat (26/1).

Chandra menyambut baik tawaran itu. Saat itu, kelima ekor anak buaya itu masih seukuran kadal.

“Saya enggak tanya dapat dari mana, kan juga baru bertemu dua kali itu saja saat mancing. Terus buayanya saya pelihara di kolam milik teman. Setiap dua hari sekali saya kasih makan, tulang ayam dan ikan,” ungkap Chandra.

Chandra mengaku selama memelihara lima ekor buaya muara tersebut, dia tak tahu jika jenis buaya tersebut adalah binatang dilindungi. Chandra juga tak paham jika memelihara binatang yang dilindungi tanpa ijin bisa diancam hukuman pidana.

Dirreskrimsus Polda DIY, Kombes Pol Gatot Budi Utomo mengapresiasi penyerahan binatang dilindungi oleh warga. Gatot menganggap penyerahan itu adalah hasil dari penindakan yang dilakukan Polda DIY beberapa hari yang lalu terhadap dua orang yang memerjualbelikan tiga ekor buaya muara lewat medsos.

“Masyarakat sudah mulai sadar bahwa memelihara satwa dilindungi adalah melanggar hukum dan dapat dijatuhi hukuman pidana sesuai dengan undang-undang yang berlaku. Saya mengimbau agar masyarakat yang saat ini masih memelihara satwa dilindungi agar segera diserahkan ke Polisi atau BKSDA Yogjakarta,” urai Gatot.

Selanjutnya, buaya tersebut akan dilimpahkan ke Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA).

[noe]

Sumber : merdeka.com

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge