0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Memanipulasi Data Penumpang, 10 Sopir Grab Diamankan

ilustrasi (merdeka.com)

Timlo.net — Polda Metro Jaya menangkap 10 orang sopir taksi online di Jalan Aries Utama, kawasan Kembangan, Jakarta Barat, Kamis (24/1). Mereka diduga memanipulasi data penumpang ke sistem Grab Car untuk meraup keuntungan.

Sepuluh sopir taksi online itu berinisial RJ, GJH, YR, FA, D, ET, PA, M, FF dan PE. Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono menjelaskan, mereka melancarkan aksi nakal menggunakan software untuk memanipulasi data penumpang palsu.

“Para pelaku memasangkan software yang ada di handphone supaya dapat memanipulasi data informasi ke sistem Grab,” kata Argo saat dikonfirmasi wartawan, Jumat, (26/1).

Awalnya para pelaku mendaftar sebagai sopir taksi online di perusahaan tersebut. Kemudian mereka memanipulasi dengan melakukan order fiktif dan berpura-pura mengantar ataupun menjemput konsumen. Nyatanya, tak ada pelanggan yang memesan. Polda Metro Jaya masih mengembangkan kasus ini.

“Kami lakukan pengembangan terhadap pelaku yang belum tertangkap dan membongkar sindikat sampai ke penjual akun-akun palsunya,” kata Argo.

Akibat perbuatannya melakukan order fiktif, PT Solusi Transportasi Indonesia (Grab Indonesia) mengalami kerugian yang ditaksir mencapai ratusan juta rupiah. Argo menegaskan, polisi akan terus melakukan pengembangan dalam kasus ini.

“Pihak Grab Indonesia dirugikan sekitar Rp300 juta,” ucap Argo.

Polisi menyita enam unit mobil, 17 telepon seluler dan 10 kartu ATM sebagai barang bukti. Mereka dijerat Pasal 30 Juncto Pasal 35 Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang ITE, dengan ancaman hukuman maksimal delapan tahun penjara.

[noe]

Sumber : merdeka.com

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

loading...
KEMBALI KE ATAS badge