0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Pemindahan Putri Cempo, Warga Diminta ’Beri Jalan’ untuk Eyang Putri

Walikota Solo FX HAdi Rudyatmo menanam kepala kerbau di areal makam puteri Cempo (timlo.net/ichsan rosyid)

Solo — Ritual berlanjut dengan pembacaan doa oleh KH KRT Jufri Harjo Pujonagoro. Pria sepuh yang fasih berbahasa Jawa Krama Inggil itu serius mengatur posisi para tamu agar tidak membelakangi makam Putri Cempo yang berada di Selatan lokasi acara.

“Jangan ditutupi. Eyang Putri harus diberi jalan supaya bisa pindah ke sini,” kata dia saat sejumlah warga yang hendak mengambil gambar menutupi pandangan dari cungkup ke arah Makam Putri Cempo.

Usai berdoa, Jufri menyilakan Rudy untuk menanam kepala kerbau yang sudah disembelih kemarin malam di salah satu sudut cungkup yang baru dibangun. Kepala kerbau dihadapkan ke arah kiblat lalu dibbungkus kain kafan. Bergiliran, Rudy, Achmad Purnomo, Lurah Nusukan, serta tokoh agama menaburkan tanah ke atas kepala tersebut.

Tak hanya itu, dua pohon beringin di tanam di sekitar liang lahad yang sudah disiapkan. Menurut Jufri, pohon tersebut ditujukan agar suasana di makam yang baru sama dengan tempat makam asal yang rindang karena diapit dua pohon beringin.

“Menanam kepala kerbau ini sebagai wujud kepedulian Pemkot kepada budaya. Sejak dahulu leluhur kita melakukan seperti ini, dan ini wajib kita lestarikan,” kata Rudy usai nyadran.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge