0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Begini Jurus Dasar Trading Saham

Direktur Reliance Sekuritas Anita (timlo.net/eko prasetyo)

Solo — Direktur Reliance Sekuritas, Anita, menyampaikan lima jurus Dasar Trading Saham untuk Pemula di depan puluhan mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) AUB Surakarta, di Gedung Garuda Graha STIE AUB Surakarta, Jumat (26/1).

“Kelima jurus dasar tersebut, adalah Pertama, Paham platform transaksi saham. Kedua, Up to date. Ketiga, Analisa Fundamental. Keempat, Analisa Teknikal dan Kelima Management Resiko,” ungkap Anita pada acara Seminar Nasional dalam rangka Dies Natalis STIE AUB Surakarta ke 49.

Pemahaman Platform transaksi saham diawali dengan pemahaman bagaimana cara membuka rekening saham. Menurut Anita, pada saat ini system trading atau transaksi jual beli saham di Indonesia hanya bisa menggunakan perantara perdagangan saham (broker) di perusahaan sekuritas. Selain itu membuat rekening account saham dan melakukan deposit awal, dan via internet atau online trading system. Kemudian mengenali trading platform.

Sedang Up to Date, kata Anita, maksudnya mengikuti perkembangan ekonomi dalam ataupun luar negeri, mengikuti berita emiten yakni pertumbuhan dan prospek bisnis. Temasuk politik global yakni konflik yang dapat menjadi sentiment.

Untuk Analisa Fundamental, menurut Anita, meliputi Company Analysis yang terdiri dari Nilai Buku, Nilai Pengembalian Laba, Price to Book Value, Price to Earning Ratio (PER), PER to Earning Growth Ratio (PEG), Kapitalisasi pasar.

Sedang Teknikal analisis adalah suatu metode analisa instrument perdagangan dengan menggunakan historis harga yang dihasilkan oleh aktivitas pasar untuk memprediksi pergerakan harga di masa yang akan datang. Untuk Management Resiko yakni menentukan maksimum target keuntungan dan minimum kerugian.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge