0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Inflasi Tinggi, Ini Langkah dari TPID Solo

Bandoe Widiarto (Setyo Pujis)

Solo — Tingginya angka inflasi kota Solo selama periode satu tahun terakhir menjadi perhatian Pemerintah Kota (Pemkot) Solo. Untuk menekan laju inflasi yang terus merangkak naik itu berbagai upaya dilakukan, salah satunya dengan menggelar operasi pasar.

“Selama periode 2017, angka inflasi Kota Solo tercatat 3,10 persen. Pada periode itu, terdapat dua bulan yang mengalami inflasi cukup tinggi yaitu Januari dan Desember, ” ujar Wakil Ketua TPID Solo, Bandoe Widiarto kepada wartawan, Jumat (26/1).

Faktor pemicu utama inflasi pada Januari 2017 itu, menurutnya bersumber dari kelompok administered prices karena adanya kenaikan tarik pajak kendaraan dan penyesuaian tarif listrik. Sedangkan pada Desember, tekanan inflasi bersumber dari kelompok volatile food akibat dari kenaikan harga beras, daging ayam ras, telur ayam ras dan cabai.

“Dan hingga saat ini kenaikan harga beras, cabai, telur dan daging ayam ras itu masih berpotensi untuk menjadi pemicu angka inflasi pada Januari 2018. Karena itu, saat ini sudah waktunya pemerintah dan stake holder terkait untuk bisa melakukan intervensi harga. Supaya bisa kembali normal seperti sebelumnya, ” jelas dia.

Karena itu, sebagai bentuk intervensi serta menyikapi gejolak harga pangan pada awal tahun ini pihaknya akan kembali menggelar operasi pasar. Yang rencananya dilakukan pada Senin-Selasa (29-30/1). Operasi pasar yang akan dilakukan itu meliputi Pasar Nusukan, Pasar Legi dan Pasar Gede.

Tidak hanya itu, TPID juga menghimbau masyarakat agar dapat melakukan belanja secara lebih bijak. Pasalnya, sebarapa pun pasokan yang disediakan pemerintah jika tidak diimbangi dengan kesadaran masyarakat hasilnya dianggap tidak maksimal.

“Harapannya masyarakat juga bisa lebih bijak berbelanja. Karena sebesar apapun ketersedian pasokan yang ada di pasaran jika perilaku masyarakat masih suka memborong tentu menjadi percuma, dan pasti akan selalu kurang,” terangnya

Dengan adanya upaya yang dilakukan itu, diharapkan pada 2018 inflasi kota Solo dapat terkendali dalam sasaran nasional yaitu sebesar 3,5 plus minus satu persen.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge