0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Antidifteri Penting Bagi Wanita Usia Subur

Vaksinasi TD bagi wanita subur di lingkungan Polres Karanganyar (dok.timlo.net/raymond)

Karanganyar — Wanita usia subur dianjurkan mendapat vaksinasi antitetanus difteri (TD) untuk menghindari tertular atau menularkannya ke anak maupun orang lain.

“Imunisasi antidifteri perlu diberikan kepada wanita usia subur, yakni antara 15 tahun sampai 39 tahun. Di usia suburnya, mereka dipersiapkan mengandung anak. Jadi, kesehatannya diutamakan. Jangan sampai tertular difteri dan menularkannya. Terutama kepada anak,” kata Kasi Imunisasi dan Survailance DKK Karanganyar, Diah Ariani kepada wartawan, Kamis (25/1). 

Pemberian imunisasi sebenarnya dianjurkan bagi pria maupun wanita. Dalam program pemerintah, imunisasi lengkap diberikan pada bayi usia 2 bulan, 3 bulan, 4 bulan dan dilanjutkan 18 bulan. Kemudian pada anak usia SD kelas 1, 2 dan 5. Pada saat dewasa, pemberian imunisasi ini menjadi 5 dosis. 

Ia tak menyangkal pemahaman masyarakat masih kurang terkait imunisasi. Penyakit dari bakteri ini beberapa kali ditetapkan Kejadian Luar Biasa (KLB) di Karanganyar. Sehingga, DKK sangat mengapresiasi masyarakat yang menyambut baik program kesehatan tersebut. Satu diantaranya permintaan imunisasi TD oleh Bhayangkari Polres Karanganyar pada Rabu (24/1). Dia bersama timnya melakukan vaksinasi ke 50 orang anggota Bhayangkari dan polwan.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge