0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

44 Sekolah Ikut Kreassimu di Benteng Vastenburg

Stand Kreassimu di Benteng Vastenburg (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo — Muhammadiyah Kota Solo menggelar kegiatan Kreasi Seni Siswa Muhammadiyah (Kreassimu) 2018, di Benteng Vastenburg  Solo. Kreassimu kali ini diikuti 44 sekolah Muhammadiyah se-Kota Solo berlangsung selama tiga hari (26-28/1).

“Sekolah-sekolah tersebut menampilkan hasil karya siswa-siswi masing-masing sekolah Muhammadiyah, mulai dari tingkat SD, SMP dan SMA/K,” ungkap Ketua Panitia Kreassimu 2018, Heru Sutanto kepada wartawan, di sela-sela acara, Jumat (26/1).

Heru mengatakan, acara Kreassimu terdiri dari tiga kegiatan, yakni karnaval, stand oleh masing-masing sekolah yang menampilkan karya siswa, dan penampilan pentas seni sesuai kemampuan atau kreasi yang dimiliki masing-masing sekolah. “Sehingga selama tiga hari di Benteng ini selain stand-stand pameran sekolah, juga seni musik,” ujarnya.

Tema Kreassimu kali ini adalah The Spirit Art of Muhammadiyah. Maksudnya, ada korelasi positif antara kreativitas anak dengan prestasi belajar. “Dari situlah maka Muhammadiyah mencoba membangkitkan kreativitas anak dalam rangka meningkatkan prestasi pendidikan anak. Sekaligus untuk menganulir paham yang menyatakan bahwa Islam itu tidak boleh berkreasi seni. Sebab Kyai Ahmad Dalan pendiri Muhammadiyah ternyata ahli seni. Kegiatan Kreassimu ini direncanakan akan digelar secara rutin setiap tahun,” jelasnya.

SMP Muhammadiyah 1 Solo menampilkan karyanya di antaranya buah sintetis, tempat duduk dari bekas botol-botol mineral, sabun cuci Surya Clear dan sebagainya. Sedang SMP Muhammadiyah Program Khusus Kotabarat Solo menampilkan salah satu andalannya yakni Kosalak (kopi dari biji salak).

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge