0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Lagi, Sejumlah Ruangan Keraton Kasunanan Solo Digembok

KP Eddy Wirabhumi, (dok.timlo.net/heru murdhani)

Solo — Sejumlah ruangan di Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat dikunci gembok. Penggembokan ini berakibat pada sejumlah kegiatan keraton terganggu.

“Penggembokan ini sudah terjadi sekitar 10 bulan terakhir. Tidak tahu siapa yang melakukan penggembokan.” ungkap Ketua Lembaga Hukum Keraton Kasunanan Surakarta, KP Eddy Wirabhumi, saat ditemui di kompleks Keraton Kasunanan,  Jumat (26/1).

Eddy mengatakan, dampak dari penutupan sejumlah ruangan ini cukup luas. Bahkan, kata dia, bisa mengganggu eksistensi keberlangsungan kegiatan adat yang ada. Termasuk di dalamnya adalah menurunnya pendapatan dari sektor wisata, seperti museum.

“Karena dengan penutupan tersebut otomatis tidak bisa dilakukan pemeliharaan, dan ini mengancam kelangsungan BCB (Benda Cagar Budaya). Termasuk juga tempat untuk ngisis wayang juga ditutup,” katanya.

Lebih jauh Eddy mengatakan, meskipun sebelumnya dua kubu keraton yang sempat terlibat konflik sempat melakukan rekonsiliasi pada 12 September 2017, tetapi ternyata upaya tersebut belum berhasil mencairkan suasana di keluarga keraton. Bahkam hingga berita ini diturunkan, pihak kerabat keraton belum bisa menemui Sinuwun Pakubuwono XIII.

“Kita mau bertemu (PB XIII) saja susah, apalagi mau mengungkapkan uneg-uneg dan aspirasi. Saya berharap Raja segera terbuka hatinya,” katanya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge