0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Awas, Gunung Pegat Rawan Pohon Tumbang

Gunung Pegat di Kecamatan Nguntoronadi, Wonogiri (dok.timlo.net/tarmuji)

Wonogiri — Curah hujan yang tinggi membuat pengguna jalan di kawasan hutan Gunung Pegat was-was. Sebab, mereka takut jika ada pohon yang tumbang saat melintas di kawasan tersebut. Selain jauh dari pemukiman, sepanjang jalan Nguntoronadi- Baturetno itu banyak yang sudah lapuk.

“Seperti trauma kalau lewat jalan itu kalau ada pohon tumbang. Karena banyak pohon yang sudah tua di pinggir jalan. Tapi bagaimana lagi wong jalan raya satu-satunya cuma ini,” ujar warga Wonogiri, Yudi kepada Timlo. net, Kamis (25/1).

Dia mengatakan, pohon berada di hutan negara itu kebanyakan jenis sono keling sudah berumur tua. Selain itu, pohon lain tumbuh dipinggir jalan dan condong ke badan jalan. Kadang-kadang ada dahan pohon yang tumbang dan melintang jalan. Hal itu sangat membahayakan pengguna jalan khususnya sepeda motor yang melintas dengan kecepatan tinggi.

“Selama ini saya belum pernah melihat ada pegawai Perhutani memangkas atau merapikan pohon- pohon yang dahannya condong ke jalan. Seolah mereka tutup mata. Padahal jelas itu membahayakan warga yang melintas di jalan tersebut,” jelasnya.

Heriyono warga lainya menambahkan, selain pohon tua, juga ada satu rumpun bambu yang dikhawatirkan dapat rubuh dan menutup badan jalan. Sebagian rumpun bambut itu sudah condong ke jalan. Bahkan, kendaraan roda empat yang melaju dari Wonogiri terpaksa harus menghindar dan memilih goyang kanan.

“Apalagi kendaraan besar, wong mobil saja harus goyang kanan. Ya kalau tidak jika berpapasan dengan kendaraan dari lawan arah berhenti dulu,” sebutnya.

Pihaknya berharap, pemerintah segera turun tangan. Jangan sampai ada korban lagi akibat tertimpa pohon di kawasan tersebut. Dia menilai selama ini pihak pengelola hutan negara berpangku tangan melihat kondisi tersebut.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge